Ads 720 x 90

5 Cara Mematikan Update Windows 10 di Laptop Kalian

Cara Mematikan Update Windows 10 di Laptop Kalian - Banyak diantara kita merasa jengkel karena laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10sering terjadi update otomatis. Berbagai alasan kenapa kita perlu menonaktifikan pembaruan otomatis ini. Salah satunya menghabiskan quota internet terbatas yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. Meski menggunakan wifi, tentu ketika tiba-tiba pembaruan Windows 10 sedang berjalan akan menggangu kecepatan internet. Selain itu harus menunggu waktu untuk menyelesaikan proses update tersebut.

Sekedar diketahui, Sistem operasi windows 10 generasi pendahulunya pengguna bisa melakukan penyortiran fitur-fitur pembaruan yang ingin diunduh atau dipasang. Berbeda dengan OS Windows terbaru ini, dimana kita tidak mudah mematikan fitur update, perlu di setting secara manual terlebih dahulu. Bayangkan jika sedang mengerjakan tugas yang harus segera diselesaikan, sementara OS laptop atau komputer sedang melakukan pembaruan.

Kita akui memang OS Windows 10 memang memiliki keunggulan mulai dari kinerja hingga fitur yang terdapat pada sistem operasi dibandingkan pendahulunya seperti Windows 7, 8 dan sejenisnya. Namun meski demikian bukan berarti Windows 10 bebas dari kekurangan, diantaranya ketika update otomatis sedang berjalan pengguna tidak bisa mematikannya dan bahkan bisa membuat layar laptop jadi biru (blank).

Sebelum itu terjadi, sebaiknya kalian harus mengatahui tentang cara mematikan update otomatis windows 10. Disini Tinkom balbol akan memberikan panduan menonaktifkan pembaruan tersebut dengan beberapa opsi. Jadi kalian bisa memilih salah satu cara yang akan kami jelaskan pada kesempatan ini.

Baca juga cara mengatasi laptop mati sendiri  paling ampuh dan mudah


1. Matikan update windows 10 dengan Metered Connection

Metered Connection

Cara yang pertama cukup simpel dan tentunya ampuh untuk mematikan auto update. Cara ini bisa kita terapkan dengan membatasi data yang digunakan oleh wifi.

Kalian harus memastikan laptop atau PC tersambung dengan jaringan Wi-fi terlebih dahulu.

Selanjutnya kalian buka menu Setting secara langsung atau bisa membukanya dengan menekan tombol Windows + I secara bersamaan.

Setelah tampil kotak dialog Setting silahkan pilih menu Network & Internet di komputer kalian.

Selanjutnya pilih koneksi Mobile Broadband atau Wi-fi dan klik dibagian Advanced Setting.

Langkah terakhir untuk mematikan pemutakhiran Windows 10 dengan Metered Connection ini yaiu dengan mengubah status Metered connection dengan merubah pada bagian “Set as metered connection” menjadi On.

Catatan: Cara ini tidak bisa dilakukan dengan modem, hanya bisa menggunkan Wi-fi. Namun solusinya jika kalian menggunaka data internet dari operator seluler yaitu dengan memindahkan kartu simcard terlebih dahulu ke smartphone lalu berbagi koneksi ke laptop kalian.

Baca juga cara masuk safe mode windows 10 di semua merk laptop

2. Gunakan Services Control Panel untuk mematikan update windows 10


Pertama kalian buka dulu Control Panel di PC yang digunakan. Kemudian klik kanan pada Start Menu, lalu pilih Control Panel.

Jika control panel tampi dilayar laptop kalian, maka langkah selanjutnya pilih 'System and Security', terus pilih Administrative Tools.

Dihalaman ini kita akan dihadapkan dengan berbagai tools, untuk mematikan pembaruan operasi sistem Windows 10, pilih opsi Administrative Tools yang bernama 'Tools Services'.

Setelah Tools Services terbuka, langkah selanjutnya pilih Windows Update. Biasanya disini banyak opsi services selain itu. Jadi, cari saja 'Windows Update'.

Setelah ketemu klik kanan, lalu pilih Properties. Bisa juga langsung klik dua kali untuk membukanya.

Langkah terakhir dengan Service Control Panel ini akan muncul 'Startup Type'. Ubah startup tersebut menjadi 'Disabled'. Terus pilih tombol Stop pada opsi Services Status dan tekan OK untuk menyelesaikannya.

3. Aplikasi Win Update Stop solusi untuk update windows 10


Cara ketiga untuk mematikan update windows 10 secara permanen dengan menggunakan aplikasi Win update stop. Aplikasi ini bisa menjadi solusi dan dapat di download secara gratis dan menjalankannya sangat mudah. Berikut langkah-langkah mengoperasikan aplikasi buatan NoVirusThanks yang bisa kita kerjakan tanpa ribet dan sangat ringan.

Jika belum terpasang, silahkan unduh dan instal aplikasi tersebut pada komputer kalian dengan mengakses Win update stop.

Setelah selasai didownload langsung jalankan aplikasi tersebut

Kemudian pilih Disable untuk mematikan update otomatis. Dengan begitu Windows Update tidak akan melakukakan pembaruan secara otomatis. Biasanya status aplikasi akan berubah menjadi “Windows Updates are disabled“.

Sangat mudah kan? Namun apabila kalian tidak ingin menggunakan cara tersebut, bisa langsung ke metode yang selajutnya dibawah ini.

Baca juga cara mengatasi blue screen windows 10 di laptop kalian

4. Manfaatkan Command prompt nonaktifkan update windows 10


Pada sistem operasi Windows 10 , Command prompt memiliki banyak sekali manfaatnya, meskipun tampilannya sangat sederhana. Salah satunya bisa menonaktifkan pemutakhiran OS dengan cara memasukkan kode perintah pada Command Prompt atau CMD.

Tidak perlu banyak basa-basi, langsung buka Command Prompt melalui hak akses administrator.

Jika CMD sudah terbuka, masukkan kode seperti ini (takeown /f “%windir%\System32\UsoClient.exe” /a). Kemudian tekan Enter untuk menjalankannya.

Setelah itu sobat input kode ini (icacls “%windir%\System32\UsoClient.exe” /inheritance:r /remove “Administrators” “Authenticated Users” “Users” “System”). Lalu tekan tombol Enter di keybord sobat.

Selain itu masih ada cara lagi untuk mematikan update windows 10. Inilah opsi terakhir jika tidak mau dengan empat cara diatas. Terserah kita ingin menggunakan yang mana.

5. Update windows 10 matikan dengan Akses Local Group Policy Editor 


Cara yang terakhir ini tidak semua OS bisa menggunkannya. Dengan mengkases Local Group Policy Editor untuk mematikan Update hanya tersedia di Windows 10 versi Education, Enterprise, dan Professional.

Jika OS kalian termasuk salah satu dari tiga tadi, berikut langkah – langkanya

Langkah awal dengan menekan logo Windows pada keyboard + R (secara bersamaan). Kemudian sobat ketik gpedit.msc lalu klik OK.

Biasanya Local Group Policy Editor akan terbuka dengan perintah tersebut. Setelah itu pilih menu Computer Configuration dan klik pada tulisan Administrative Templates.

Selanjutnya sobat klik Windows Components dan pilih Windows Update, kemudian klik 2x pada Configure Automatic Updates. Dan terkahir pilih Disabled lalu klik OK.

Itulah panduan yang bisa kami persembahkan untuk Anda semua tentang Cara mematikan update windows 10 yang sering berjalan otomatis dan sering mengganggu kita sebagia pengguna OS Windows 10. Segala kekurangan kami minta maaf sebasar-besarnya.

Sumber : google

Keyword


Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan baik..

Subscribe Our Newsletter