Ads 720 x 90

Cara Membuat Kompresor Mini dari Botol Bekas dengan Mudah

Cara Membuat Kompresor Mini dari Botol Bekas - Kita sudah tahu kan apa itu kompresor angin? Alat mekanik ini biasanya banyak ditemukan di bengkel mobil dan motor, dimana kegunaannya mengisi angin ban motor atau mobil. Pada era modern sekrang ini banyak orang yang kreatif, salah satunya membuat kompresor mini dari botol bekas dengan alat dan bahan mudah didapatkan.

Kompresor mini memang tidak sekuat kompresor mesin, namun manfaatnya sangat banyak, salah satunya untuk ngisi angin ban disaat jauh dari bengkel. Juga bisa untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada komponen atau onderdil motor, keyboard laptop, dan bisa sebagai alat bantu ngecat.

Cara membuat kompresor mini dari botol bekas
Youtbe

Kompresor mini dari botol bekas bisa menjadi karya ide kreatif kita. Selain itu bisa kita ajarkan ke teman-teman atau bagi kalian sebagi guru bisa dijadikan bahan ajar untuk siswa sebagai kerajinan tangan dan menjadi ilmu baru.

Bagaimana cara membuat kompresor mini dari botol bekas?

Youtube

Ketika melihat video pembuatan kompresor mini dari botol bekas, maka Tinkom balbol akan memandu kalian yang ingin membuat kompresor mini dengan motor sumber daya 12v.

Pembuatan kompresor mini ini sangat efektif dan efisien, hemat energi karena hanya membutuhkan bateri 12v dengan arus sekitar 3 amper.

Bahan dan alat membuat kompresor mini dari botol bekas


Sebelum membuat kompresor mini, sediakan 4 botol bekas terlebih dahu, sangat direkomendasikan botol bekas soda. kemudian sediakan juga alat-alat untuk membuat kompresor mini.

  • Small eletric air
  • Compresor 12v
  • hendles
  • Manometer
  • 8 x katup presta
  • sekrup
  • iron 14x14mm
  • selang tubing (Rubber tubing),
  • baut lag sekrup panjang
  • Aki accu 12 volt
  • Wire
  • Jack DC 12 volt.

Cara membuat kompresor mini dari botol bekas


Langsung saja kita topik panduan cara membuat kompresor mini dari botol bekas, tidak perlu banyak basa-basi

Langkah pertama lubangi bagian bawah dan petutup botol 4 buah tadi

Kemudian pasang dop ban sepeda yang telah disediakan

Setelah itu tempatkan keempat botol di sebuat papan kayu dan rapatkan. Lalu kencangkan dengan kawat agar kuat dan tidak berserakan

Setelah dipastikan botol tersebut kuat, maka pada bagian samping keempat botol pasanglah pompa angin mini elektrik. Ini perlu kalian beli terlebih dahalu di toko offline maupun online 


Langkah selanjutnya sambungkan pompa tadi ke salah satu keempat botol, dan ujung lainnya sambungkan ke alat penyembur sebagai penunjuk tekanan angin kompresor mini tersebut.

Terkahir sambungkan kabel motor pompa pada baterai 12v. Setelah menyala, biarkan jarum penunjuk tekanan udara pada posisi angka 30. Setelah itu dimatikan dan kompresor siap digunakan.

Itulah tutorial cara membuat kompresor mini dari botol bekas yang sangat banyak manfaatnya untuk kita semua. Sekedar saran, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, sebaiknya berhati-hati menggunakan kompresor mini, terutama tekanan angin jangan sampai melibih angka 30, sebab tabung angin terbuat dari botol bahan karet yang bisa meledak jika tekanan angin sangat tinggi.

Panduan pembuatan kompresor mini saya dapatkan dari berbagai sumber dari google, youtube. Bagi kalian yang ingin menonton langsung tutorial tersebut bisa akses langsung ke Youtube dengan kata kunci kompresor mini botol bekas.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter