Cara bayar Indihome lewat ATM BRI, Internet Banking, SMS banking dan Mobile banking (Lengkap)

Cara bayar Indihome lewat ATM BRI

Cara bayar indihome lewar ATM BRI
Bayar indihome di ATM BRI

Sebagai salah satu pengguna layanan internet Indihome pasti setiap bulan kita harus membayar tagihan agar data internet bisa selalu diakses. Telkom speedy dengan layanannya "Indihome" merupakan perusahaan besar yang memiliki jaringan hingga ke pelosok nusantara. Data yang tercatat, jutaan pengguna telah menggunakan layanan Indihome. Maka tak heran Telkom selalu memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran Indihome, salah satunya dengan lewat bank BRI.

Kita tahu fitur dari bank BRI ini bisa transaksi lewat ATM, internet banking, SMS banking, dan mobile banking. Secara otomatis bayar indihome juga bisa melalui fitur tersebut. Jika Anda mencari panduan "cara bayar indihome di ATM BRI" teruslah baca artikel ini.

Sebelum ke pokok pembahasan, perlu kita sedikit mengenal lebih jauh tentang telkom Idihome. Namun jika tidak ingin lama-lama, silahkan cek ke bawah tutorial "cara bayar indihome lewat BRI".

Sebagai perusahaan plat merah, Telkom menjawab kebutuhan zaman, diantaranya "paket Indihome", diamana sejak tahun 2017 pengguna Indihome meningkat secara pesat. Kemudan pembayaran juga bisa dilakukan secara online tanpa harus repot pergi ke kantor telkom.

Dulu, pembayaran tagihan Indihome (telkom speedy) hanya dapay dilakukan di bank, kantor pos. Sedangkan untuk sekarang, karena adanya pekembangan teknologi, Telkom bekerjasama dengan bank-bank besar di Indonesia. Dan yang kita bahasa adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Nasabah Bank BRI dengan mudah membayar tagihan Indihome baik melalui ATM BRI, Mobile banking, Internet banking, dan SMS banking. Lalu bagaimana "cara bayar indihome di ATM BRI", simak panduannya dibawah ini.

Panduan cara bayar Indihome lewat ATM BRI


Tersebarnya ATM BRI di Indonesia lebih memudahkan pengguna melakukan transaksi keuangan. Produk perbankan yang satu ini hampir 50% menjadi pilihan untuk melakukan segala jenis pembayaran. Sudah tidak diragukan lagi kualitas ATM BRI, bukti fisik pembayaran Indihome mudah kita simpan.

BRI tidak hanya menempatkan gerai ATM di kota saja, bank milik negara ini memiliki gerai ATM di setiap kecamatan. Ini beriringan dengan pengguna Indihome. Jadi sangat cocok bagi pelanggan layanan Telkom. Anda termasuk yang ingin tahu "cara bayar indihome di ATM BRI" ?

Berikut ini langkah-langkah bayar Indihome lewat ATM BRI



  1. Masukkan kartu ATM ke mesin, lalu pilih bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jika tidak paham bahasa Inggris, pilih bahasa Indonesia.
  2. Langkah selanjutnya, masukkan PIN ATM BRI Anda.
  3. Pilih menu "Transaksi Lainnya".
  4. Setelah tampil halaman, pilih menu "Pembayaran".
  5. Kemudian pilih "TELKOM/FLEXI/SPEEDY".
  6. Setelah itu akan muncul permintaan ID atau nomor pelanggan. Silakan Anda masukkan nomor Indihome, biasanya nomor ini terdiri dari 12 digit.
  7. Perhatikan dan cek ulang ID nya. Jika sudah yakin, silahlan pilih "BENAR" untuk melakukan pembayaran tagihan Indihome.
  8. Terakhir pilih "YA" agar pembayaran diproses.


Jika pembayaran sukses, tampilan mesin ATM akan kembali ke menu utama. Anda bisa keluarkan kartu ATM dan ambil struk sebagai bukti pelunasan tagihan.

Cara bayar Indihome lewat Internet Banking BRI


Pilihan Internet banking biasanya sering digunakan oleh pelanggan yang sudah paham dunia internet. Selain lebih cepat, kita tidak perlu buang-buang waktu pergi ke ATM. Internet banking BRI dapat diaskses melalui smartphone, laptop/komputer. Tinggal Anda lakukan pembayaran tanpa perlu aplikasi khusus.

Bayar Indihome lewat Internet Banking BRI sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menyiapkan perangkat yang terhubungan dengan internet.

Berikut langkah-langkahnya



  1. buka website ib.bri.co.id.
  2. Masukkan "User dan Password" Internet banking.
  3. Setelah itu pilih menu "Pembayaran".
  4. Kemudian pilih "Telepon/Selular".
  5. Selanjutnya isi data yang tersedia meliputi "Sumber rekening", "Keperluan pembayaran", "Nama tagihan", dan "Nomor telepon". Centang kotak penyimpanan data dan isi nama Anda.
  6. Setelah itu, pilih permintaan "mToken".
  7. Pada halama berikutnya, Kamu akan melihat total tagihan Indihome berserta data pelanggan yang terdaftar.
  8. Terlahir silakan isi menu "Password" dan "mToken" yang dikirim lewat SMS dan klik "Bayar/Lanjut/Proses".


Simpan bukti pembayaran tadi, biasanya berbentuk file PDF. Setelah tersimpan jangan lupa klik "Keluar/Log out" untuk keluar akun Anda.

Cara bayar Indihome lewat SMS banking BRI


Fitur SMS Banking BRI adalah layanan transaksi perbankan dengan menggunakan format SMS. Layanan ini membutuhkan pulsa agar bisa memanfaatkan semua jenis transaksi di SMS banking BRI. Diantara j enis transaksi yang dapat dilakukan yaitu cek saldo, cek tagihan semua tagihan termasuk tagihan Indihome, transfer sesama bank atau bank lain, dan pengisian pulsa.

Layanan berbayar berbayar ini bisa diakses semua merk dan tipe ponsel dengan syarat nomor yang digunakan sudah terdaftar di databes BRI.

Untuk menggunakan SMS banking BRI dalam pembayaran tagihan Indihome, Anda perlu mengaktifkan "SMS banking finansial" di bank BRI terdekat. Jika hanya diakatifkan di mesin ATM, nomor telepon tersebut tidak dapat menjalankan perintah transaksi finansial, hanya bisa cek saldo saja.

Persyaratan aktivasi SMS banking finansial yaitu nomor telepon, kartu identitas yang didaftarkan, dan buku tabungan BRI. Caranya Anda isi formulir terlebih dahulu, lalu tunggu antrian ke Customer service BRI.

Customer service hanya memproses data jika nama yang tertera di kartu identitas sesuai dengan buku tabungan.

Format SMS Banking BRI bayar Indihome


Format SMS bayar Indihome lewat SMS Banking BRI tidak sulit, hanya beberapa langkah saja sudah bisa dilakukan.


  1. Pertama, bukalah menu “Pesan” di HP Anda.
  2. Setelah itu kirim SMS dengan format BAYAR (spasi) JENIS TAGIHAN (spasi) ID PELANGGAN/NOMOR TELEPON (spasi) PIN.
  3. Kemudian, kirim SMS tersebut ke nomor 3300.
  4. Tunggu balasan, lalu ikuti petunjuk selanjutnya.
  5. Selesai.


Perlu Anda ketahui biaya untuk sekali SMS sebesar Rp. 500,00. Jadi pesiapkan minimal pulsa Anda Rp. 5.000,00 untuk jaga-jaga ada kesalahan input SMS.

Cara bayar Indihome lewat Mobile banking BRI (BRI Mobile)


BRI Mobile atau M-Banking adalah suatu aplikasi dengan dukungan Android, iOs, BlackBerry yang mengintegrasikan beberapa aplikasi e-banking BRI. Menu yang terdapat di aplikasi BRI Mobile di antaranya adalah, Internet banking, Mobile Banking BRI, Call BRI, dan Info BRI.

Menurut Saya, menggunakan BRI Mobile cara paling praktis, mudah. Anda bisa bayar Indihome lewat Aplikasi ini karena tinggal instal dan menjalankannya. Bagaimana cara bayar Idihome dengan BRI Mobile?

Berikut langkahnya



  1. Pertama, Download aplikasi BRI mobile
  2. Buka apliaksi, kemudian pilih menu “Mobile Banking”.
  3. Selanjutnya, klik menu “Pembayaran”.
  4. Kemudian pilih “TELKOM”.
  5. Langkah selanjutnya, Anda isi ID Indihome atau bisa kode area dan nomor telepon.
  6. Setelah itu masukkan "PIN", kemudian pilih “SEND”.


Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, tunggu pesan konfirmasi yang berisi total tagihan, nama pelanggan untuk melanjutkan pembayaran.

Itulah tutorial cara bayar Indihome lewat ATM BRI, Internet banking, SMS banking dan mobile banking yang dapat kami persembahkan untuk Anda yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

0 Tanggapan "Cara bayar Indihome lewat ATM BRI, Internet Banking, SMS banking dan Mobile banking (Lengkap)"

0/Post a Comment/Comments

Berkomentarlah dengan bijak dan baik..

Lebih baru Lebih lama