Human Capital Alfamart : Reset Pin, RRAK Online

Tinkom Balbol - Hai pembaca yang setia, kali ini saya akan mengulas tentang Human Capital teruntuk karyawan Alfamart yang belum tahu apa itu human capital (HC) yang selama ini sering muncul pertanyaan dibenak kita.


Sutterstock

Sebenarnya artikel ini tidak hanya membahas tentang Reset Pin, cuti online dan lain-lain. Tulisan saya sifatnya umum tidak hanya untuk perusahaan Alfamart, Alfamadi dan Dan-Dan saja.

Apa itu human capital


Human capital biasa disingkat dengan HC, sementara definisinya adalah segenap kreatifitas, pengetahuan, keterampilan, dan keahlian yang diwujudkan pada kemampuan kerja untuk menghasilkan layanan yang profesional dan nilai ekonomis.

Human capital pada dasarnya bagian dari manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang fokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan didalam mengelola perusahaan atau organisasi agar terus berkembang. Human capital sebenarnya derajatnya lebih tingga daripada sumber daya saja. Karena SDM merupakan bernilai tinggi bagi sebuah organisasi dan perusahaan.

Artinya kemampuan, keterampilan dan pengatahuan manusia ujung tombak agar perusahaan terus berkembang. Maka tak heran organisasi membayar tinggi agar kemajuan perusahan terus meningkat.

Konsep human capital biasanya muncul untuk memanfaatkan karyawan sebagai sumber daya. Dalam pengertian lain, karyawan harus siap dilatih tentang keahlian, pengatahuan, kreatifitas untuk perkembangan dan kemajuan organisasi seperti contoh Human Capital Alfamart atau HC Alfamartku.

Biasanya perusahaan akan memberikan bonus untuk meningkatkan kinerja karyawan, seperti tunjangan, bonus tahunan dan sebagainya agar terus bekerja lebih semangat.

Human Capital Alfamart


Buat teman-teman karyawan dan karyawati di Alfamart yang ingin mengatahui profil individu, pengajuan cuti online, history karyawan, mengecek sisa hak cuti, melihat presensi harian dan bulanan, juga jika ingin mengajukan pesan internal dapat mengakses situs berikut :

Link Human Capital Alfamart





http://hc.alfamartku.com/humancapital/public

Link Reset Pin Human Capital Alfamart



  1. Reset Pin
  2. Portal Human Capital


https://hc.alfamartku.com/pinreset/public/index/reset

Link RRAK Online Alfamart



  1. Log In Karyawan
  2. Reset Pin


http://rrak.alfamartku.com/rrak/public/login

Selain karyawan Alfamart, tidak dapat mengakses situs portal hc.alfamartku yang memuat tentang Reset PIN dan RRAK Online. Oke lanjut ke pembahasan Selanjutnya.

Jenis-jenis Human Capital


Setelah membahasa pengertian, kiya akan mengulas jenis-jenis Human Capital. Jenis HC ini dijadikan beberapa tingkatan. Karena yang namanya perusahaan tentu setiap pos menempatkan seseorang yang berbeda.

Betikut jenis human capital yang saya sadur dari beberapa sumber

General management human capital

Jenis human capital  mancakup sumber daya manusia di level eksutif atau manajemen tingkat tinggi yang meliputi keterampilan manajemen untuk mengumpulkan, mengolah, mengambil keputusan, teknis, mengelola sumber daya keuangan, juga termasuk human resources.

Artinya seorang ekskutif harus memiliki kacakapan dan keterampilan berinteraksi dengan investor, pasar modal, kolega bisnis untuk memajukan perusahaan.

Apa sahabat karyawan hc Alfamartku ada di posisi ini? Hehehe.. oke lanjut ya.

Strategic human capital

Strategic human capital  adalah jenis modal manusia (keahlian dan keterampilan strategis) yang didapatkan dari pengalaman untuk menghadapi situasi tertentu seperti cost cutting, efsiensi karena situasi sedang kurang menguntungkak seperti ada wabah Covid-19 sekarang ini.

Jadi tugas ini lumayan cukup berat, tapi jika Anda sudah terbiasa dan banyak pengalaman akan mampu memberikan solusi terbaik untuk perusahaan dimana tempat Anda pekerja, seperti di Alfamart.

Industry human capital

Industri humama capital adalah pengetahuan yang berhubunhan dengan teknis, regulasi, pemasok (Suplier) dan pelanggan pada industri. Karena ini sifatnya Industri, maka istilah ini hanya berlaku di persusahan yang sejenis atau yang sama. Seperti makana, otomotif dan lainnya.

Relationship human capital

Relationshio secara harfiah adalah relasi atau hubungan. Sementara pada pengertian disini adalah kemempuan menjalin berkomunikasi dan berinteraksi dengan pihak lain. Termasuk membangun hubungan dengan orang diluar tim kerja.

Artinya karyawan yang memiliki tugas Relationship human capital harus benar-benar mampu mamanfaatkan peluang yang memiliki potensi dengan maksimal. Tujuannya agar pelaksanaan tugas sesuai dengan rencana dan mudah berkembang.

Company specific human capital

Kemampuan beradaptasi perlu bagi karyawan agar visi-misi perusahan atau organisasi tercapai. Kita tahu setiap perusahaan memiliki kebijakan, struktur dan budaya kerja yang berbeda. Ole karena itu tugas karyawan pada bagian ini ada cepat beradaptasi.

Semoga bermanfaat artikel tentang Human Capital Alfamart buat teman-teman yang selama ini bingung dengan istilah-istilah tersebut. Dengan harapan dapat memudahkan meningkat skill atau kemampuan agar kita sebagai karyawan Alfamart bisa memberikan kontribusi pada perusahaan.

Belum ada Komentar untuk "Human Capital Alfamart : Reset Pin, RRAK Online"

Posting Komentar