Terbaru: Cara Install Dapodik Versi 2020 Lengkap dengan Gambar, Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik

Cara Install Dapodik Versi 2020 Terbaru dengan  Mudah - Halo sahabat Operator Sekolah di seluruh tanah air kami akan menjelaksan tahapan dan Cara Install Dapodik versi 2020 Lengkap Dengan Gambar pada kesempatan kali ini. Sebab aplikasi dapodikdasmen versi 2020 semester 1 (satu) tahun pelajaran 2019/2020 telah resmi dirilis. Dengan demikian, aplikasi dapodik 2019 beserta database yang tersimpan didalamnya sudah tidak fungsi lagi. Oleh sebab itu perlu menghapus dapodik 2019 dan harus diganti versi terbaru aplikasi dapodik 2020.

Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik 2020 Terbaru



Sebelum memasang aplikasi atau instalasi aplikasi dapodikdasmen 2020 semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 ini Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar proses instalasi aplikasi dapodik bisa berjalan lancar.

Silahkan persiapkan hal-hal berikut ini:


  • Simpan terlebih dahulu email, password dan kode registrasi dapodik yang dimiliki. Sebab "User ID" dapodik tersebut akan diinput pada saat melakukan registrasi dapodikdasmen secara online dan untuk download/unduh prefil dapodikdasmen.
  • Selanjutnya Anda harus memperbaharui browser mozila, crhome atau browser lainnya yang nantinya akan digunakan untuk instalasi aplikasi dapodik setelah berhasil diinstal.
  • Langkah seterusnya memperbaharui antivirus agar tidak terjadi kegagalan saat instalasi sedang berjalan. Sebab file instaler dapodikdasmen sebagian terdeteksi sebagi virus.
  • Lakukan uninstal aplikasi dapodikdasmen versi 2019 (Dapodikdasmen semster 1)
  • Download aplikasi dapodik terbaru 2020.

Cara Instal Dapodikdasmen Versi 2020 dengan beberapa langkaha


Setelah selesai semua tahapan "Persiapan instalasi", lakukanlah instalasi dapodik dengan cara menjalankan installer yang telah di download tadi diatas. Perlu diketahui bahwa proses pemasangan aplikasi dapodik versi 2020 dalam keadaan normal biasanya berlangsung sekitar 15 menit, namun tidak kemungkinan akan memakan lebih banyak waktu lagi.



  1. Siapkan file instaler yang sudah diunduh atau klik di sini untuk download instaler aplikasi dapodik versi 2020.
  2. Klik 2 (dua) kali atau ganda file installer atau bisa menggunakan klik kanan lalu pilih tombol "RUN ANDMINISRATOR". Jika ada pemberitahuan warna kuning "Security warning", pilih Yes, atau untuk jenis komputer menggunkan sistem operasi windows versi tertentu, klik "Run anyway" setelah itu akan tampil jendela aplikasi dapodik terus klik "Lanjutkan".
  3. Saat tampil jendela perjanjian persetujuan, langsung pilih "Saya setuju" dan klik "Lanjut".
  4. Selanjutnya pada jendela pilih lokasi tujuan dan secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi dapodik di C:\Program File(x86)\Dapodik, Pilih "Lanjut".
  5. Pilih "Folder star menu" Secara otomatis sistem akan mengisi dapodik lalu pilih "Lanjut"
  6. Masuk ke Jendela persiapan memasang aplikasi dapodik, klik "Pasang" untuk memulai menjalankan instalasi Aplikasi dapodik.
  7. Saat komputer sedang memproses Instalasi aplikasi dapodikdasmen tunggu sebentar hingga pemasangan selesai.
  8. Setelah proses instalasi selesai selanjutnya akan muncul "Ikon" aplikasi dapodikdasmen di halaman desktop.
  9. Klik ganda (2x) atau klik kanan lalu pilih tombol "Open" untuk membuka aplikasi dapodik yang telah dipasang.
  10. Selesai.

Setelah proses instalasi benar-benar selesai, Bapak/Ibu bisa langsung membuka aplikasi dapodik tersebut dan akan muncul pemberitahuan (Notifikasi) registrasi dapodik. Pilih jenis registrasi, kemudian ganti jenisnya menjadi "Online". Selanjutnya masukan "Kode registrasi" lalu pilih jenjang kemudian masukan username dan pasword serta konfirmasi pasword. Klik "Submit" dan tunggu beberapa menit sampai proses registrasi selesai. Cara install dapodik 2020 diusahakan sambungan internet yang digunakan stabil guna mempercepat proses registrasi.

Belum ada Komentar untuk "Terbaru: Cara Install Dapodik Versi 2020 Lengkap dengan Gambar, Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik"

Posting Komentar