Ads 720 x 90

Cara Memperbaiki Earphone Rusak dengan Mudah

Cara Memperbaiki Earphone Rusak - Sebelum membeli earphone baru pelajari dulu cara memperbaikinya dapat menghemat banyak uang dan tak perlu repot-repot pergi ke konter HP. Tutorial dalam artikel ini mencakup tip umum untuk memperbaiki headphone dari semua jenis (khusus yang berkabel). Instruksi yang menyertai earphone mungkin termasuk saran pemecahan masalah yang lebih spesifik. Anda juga dapat memeriksa situs web vendor merk headphone yang digunakan untuk panduan lebih lanjut. Memperbaiki earphone nirkabel, seperti headphone Beats, biasanya merupakan proses yang lebih rumit dan mahal.

Penyebab Earphone Rusak


Masalah Earphone umumnya meliputi:


  • Listrik pendek di kabel yang mengirimkan suara.
  • Lubang suara yang tidak berfungsi.
  • Colokan jack yang rusak.
  • Masalah dengan jack audio itu sendiri.


Sebelum memperbaiki earphone yang tidak berfungsi dengan baik, Tinkom balbol menyarankan sebaiknya mengidentifikasi sumber masalah terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa panduan pemecahan masalah untuk membantu mencari tahu mengapa headphone tidak berfungsi:

Colokkan earphone dan dengarkan audio: Jika suara masuk dan keluar, tekuk kabel saat mendengarkan umpan balik. Jika Anda dapat mendengar audio ketika kabel diposisikan dengan cara ditekuk, ada kemungkinan masalah itu kekurangan listrik. Maka solusinya adalah kabel earphone.

Colok steker secara perlahan ke soket audio: Jika kadang terdengar, hilang, maka sudah dipastikan harus memperbaiki steker.

Gunakan earphone lain yang berfungsi: Jika semua cara sudah di cari masalahnya dan tetap tidak terdengar apa pun, Anda mungkin perlu memperbaiki jack headphone itu sendiri, yang merupakan topik yang sama sekali berbeda.

Gunakan multimeter untuk menguji kabel: Multimeter akan berbunyi bip jika tidak ada kerusakan yang terdeteksi. Jika tidak dapat membuatnya berbunyi bip, berarti kabelnya tidak berfungsi, jadi harus memperbaiki kabelnya.

Jika satu sisi tidak memiliki audio sama sekali, kemungkinan besar lubang headphone bermasalah. Untunk memperbaikinya bisa dengan cara membersihkan lubang headset yang tidak berfungsi tadi.

Alat untuk Memperbaiki Earphone Rusak 


Jika headphone atau headset masih dalam garansi, mungkin dapat memperbaikinya secara gratis ditempat dimana headphone tersebut dibeli. Periksa dokumentasi yang menyertainya untuk informasi pemecahan masalah.

Tergantung pada masalah yang mendasarinya, Anda mungkin memerlukan alat berikut:

  • Gunting atau pisau tajam
  • Penari telanjang kawat
  • Pita listrik atau lak
  • Lebih ringan
  • Tangan ketiga dengan klip buaya
  • Solder dan besi solder

Berhati-hatilah saat menggunakan besi solder. Matikan dan kembalikan ke dudukan saat tidak digunakan dan jangan menyentuh elemen pemanas. Itulah cara memperbaiki eraphone rusak yang tinkom balbol jabarkan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter