Inilah Cara Setting PPTP VPN di Mikrotik dan Komputer

Cara Setting PPTP VPN di Mikrotik - VPN atau Virtual Private Network PPTP merupakan salah satu jenis VPN yang sangat mudah untuk disetting. Selain itu VPN ini juga merupakan VPN yang Fleksibel dikarenakan sebagian besar OS nya sudah support untuk sebagai PPTP Client, baik dari OS android maupun OS Komputer. Lalu bagaimana cara setting VPN di Mikrotik

PPTP VPN juga dapat digunakan pada Mikrotik, dan pada artikel kali ini kita akan membahas langkah-langkah Setting vpn di mikrotik. Untuk fitur-fiturnya, PPTP VPN dimikrotik dapat digunakan untuk melewati koneksi jaringan internet atau IP Publik, maupun jaringan Private.

Virtual Private Network (VPN)


VPN adalah jaring komputer atau teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terhubung antara perangkat (node), dalam istilah lain jaringan public yang digunakan untuk dapat terkoneksi dengan jaringan local.

Jika sudah belum mengerti tentang VPN sepertinya akan susah melakukan Setting VPN di Mikrotik.

Ketika menjalankan VPN dengan cara tersebut maka interkoneksi antar node memiliki pengaturan atau jalur virtual khusus walaupun menggunakan jaringan milik public.

Metode seperti ini umumnya digunakan untuk membuat koneksi yang bersifat secure. Contohnya system ticketing online dengan database server terpusat.

Point to Point Tunnel Protocol (PPTP)


Salah satu service yang biasanya digunakan untuk mengamankan transfeer data melalui koneksi Server dan Client.

PPTP merupakan Protokol jaringan dimana salah satu fungsinya merubah Paket PPP Menjadi IP Datagram. Selain itu dapat di gunakan pada jaringan LAN private. Baca terus cara setting VPN di Mikrotik untuk menyelesaikannya.

Biasanya PPTP konfigurasi pada jaringan yang sudah melewati multihop router (Routed Network). Syarat penggunaan PPTP yaitu tidak ada rule di Router yang memblokir protocol TCP 1723 dan IP Protocol 47/GRE.

Oke langsung saja kita mulai tutorial cara setting VPN di Mikrotik nya dengan PPTP. Mari simak bersama pembahasan berikut ini :

Setting PPTP VPN Server Mikrotik


1. Langkah pertama adalah pastikan paket instalasi PPP telah ter-install dan aktif. Untuk mengeceknya klik menu System --> Package.

2. Kemudian Aktifkan fitur yang terdapat di PPTP VPN Server Mikrotik. Lalu klik  menu PPP --> Pada Tab Interface --> Klik PPTP Server --> Centang kotak Enabled --> OK

3. Selanjutnya kamu buat User PPTP VPN nya. Klik pada  tab Secret --> Klik Tombol + --> Isikan Data Sebegai Berikut :

Name : Username PPTP VPN nya
Password : Password PPTP VPN nya
Service : Pilih service yang digunakan, bisa pilih pptp atau pilih any saja.
Profile : Pilih profile yang akan digunakan, pilih default-encryption saja.
Local Address : IP Address yang akan digunakan oleh PPTP VPN Server
Remote Address : IP Address yang akan diberikan kepada PPTP VPN Client


Sampai disini setting PPTP VPN Server nya sudah selesai. Selanjutnya adalah langkah untuk setting PPTP VPN pada komputer, untuk contoh saya menggunakan OS Windows 10.


Setting PPTP VPN Client Windows 10


Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan, langsung saja kita kepembahas, cara menyeting pptp vpn diwindows 10, mari kita simak.

1. Pertama kamu klik tombol notification yang berada di bagian kanan bawah pada taksbar, setelah itu klik menu VPN.


2. Jika cara pertama selesai, langkah selanjutnya adalah membuat VPN baru, caranya klik pada menu Add a VPN Conection.

3. Selanjuatnya kamu akan disuruh untuk mengisi data, isi dengan data yang telah kita buat tadi pada cara setting pptp vpn dimikrotik.
Catatan:
VPN Provider  : Pilih Windows (built-in)
Connection Name : Beri nama koneksi VPN nya
Server name or address : Alamat domain atau IP dari PPTP VPN Server nya
VPN Type : Bisa pilih Automatic atau langsung pilih PPTP
Type of sign-in info : pilih User name and Password
User name : masukkan username yang sudah dibuat pada PPTP VPN Server
Password : masukkan password PPTP VPN nya
Centang Remember my sign-in info
Klik Save.

4. Langkah selanjutnya coba kita koneksikan pada PPTP VPN yang baru kita buat, klik Nama VPN baru tadi lalu klik Conect.

5. Jika semua konfirmasi benar, maka vpn akan terhubung, akan muncul tulisan conected.

Bagaiman mudahkan, sekian artikel pada postingan cara setting PPTP VPN di Mikrotik kali ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih untuk kalian yang telah berkunjung diblog saya, saya Farhan Cahyadi mengucapkan Terimakasih. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Setting PPTP VPN di Mikrotik dan Komputer"

Posting Komentar