Kartu Pra-kerja: Cara mendapatkan, Membuat akun dan Mendaftar Ala Wasima

Kartu Prakerja adalah program pemerintah RI dengan tujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja bagi calon pencari kerja, buruh yang terkena PHK alias pemutusan hubungan kerja, atau para pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Cara mendaftar kartu pra-kerja
Kartu Pra kerja

Pendaftaran Kartu Pra Kerja diakses mulai April 2020 sesuai arah Presiden Joko Widodo yang telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) Airlangga Hartarto.

Airlangga juga menjelaskan program Kartu Pra kerja sudah sesuai dengan dengan perpres No. 30 tahun 2020. Dengan melalui kartu tersebut para pencari kerja, sedang pekerja, atau buruh bisa memeperoleh biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetisi (kemempuan) dirinya.

Kartu Pra Kerja tidak bisa didapatkan begitu saja. Ada cara dan syarat tertentu yang harus dilakukan oleh Anda. Caranya dengan melakukan pendaftaran secara online.

Apa itu kartu pra kerja?


Kartu pra-kerja adalah sebuah kartu yang diberikan oleh pemerintah dalam rangka pembinaan dan program pelatihan bagi warga negara Indonesia yang tidak memiliki keterampilan.

Kartu yang di dipromosikan oleh Joko Widodo pada masa kampanye Pemilihan umum Presiden Indonesia 2019 dikhususkan bagi anak muda yang baru lulus SMA/SMK dan lainnya.

Pada mulanya program ini rencana diluncurkan pada bulan Januari 2020 lalu. Karena alasan teknis baru diluncurkan pada bulan ini dan sudah bisa diakses oleh siapa saja.

Kartu ini merupakan bantuan berupa biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Dikutip dari Prakerja.go.id, Kartu Pra Kerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga untuk buruh, karyawan dan pegawai atau semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Syarat mendaftar kartu pra-kerja


Sebuah programa apa saja tentu ada syarat dan ketentuannya, termasuk program Kartu Prakerja ini.

Syarat bagi calon pelamar Kartu Prakerja ini adalah harus warga negara indonesia. Ini persyarat utama. Jika Anda berstatus WNA tidak bisa mengikuti program ini.

Berikut syarat-syaratnya:



  • Warga negara indoensia (WNI)
  • Minimal umur 18 tahun
  • Minimal lulus SMA/SMK atau sederajat
  • Tidak sedang sekolah/kuliah


Program Kartu Prakerja lebih diprioritaskan kepada kalangan anak mudah yang kesulitan bekerja. Tetapi jika Anda sedang bekerja tetap bisa mengikutinya.

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja


Bagi kalian yang mencukupi syarat dan berkeinginan mendapatan Kartu Pra kerja harus membuat akun terlebih dulu menjadi peserta program ini.

Membuat akun Kartu Pra Kerja tidak sulit kok, cukup menggunakan email atau nomor ponsel aktif. Pendaftaran Kartu Prakerja hanya dapat dilakukan melalui online di website www.prakerja.go.id.

Berikut cara membuat akun Kartu Prakerja ala Wasima


  1. Buka situs www.prakerja.go.id melaui browser
  2. Masukkan nomor telepon atau email aktif
  3. Klik menu Daftar.
  4. Setelah itu, pilih metode verifikasi, melalui SMS atau Email.
  5. Cek inbox SMS/Email.
  6. Masukkan kode verifikasi dikolom yang tersedia.


Selamat akun Anda aktif. Tapi tidak cukup disitu, Anda harus memdaftar agar bisa menjadi peserta. Simak Cara medaftarnya dibawah ini.

Cara mendaftar Kartu PraKerja



  1. Pilih login dengan menggunakan akun yang telah Anda buat tadi.
  2. Klik menu "Daftar Kartu Prakerja".
  3. Setelah itu akan muncul pengisian kolom formulir.
  4. Isi data diri anda secara lengkap
  5. Kemudian klik menu "Selanjutnya".
  6. Ikuti Tes kemampuan dasar yang tercantum.
  7. Klik menu Selesai.


Setelah selesai melakukan pendaftaran di situs resmi tadi, Anda dapat cek status pendaftaran "Kartu Pra Kerja". Simak dibawa ini cara megatahui status pemdaftaran Anda.

Cara cek status pendaftaran


Setelah selesai melakukan pendaftaran, sebaiknya Anda mengecek status pendaftaran yang baru saja anda lakukan.

Cara mengatahui status pendaftaran Kartu Prakerja dapat langsung masuk ke situs tadi atau di situs www.prakerja.go.id.


  1. Login seperti biasa.
  2. Klik menu "Cek Status Pendaftaran".
  3. Lihat apa yang mucul.
  4. Status pendaftaran akan berhasil jika databes situs tersebut sudah menyimpan data diri Anda.


Sekedar informasi akan diberikan kepada 2juta penerima kartu prakerja dengan total aggaran Rp10 triliun selama tahun 2020.

Peserta Kartu Pra Kerja akan mendapatkan sejumlah uang dengan besaran biaya transportasi sebesar Rp650ribu.

Rinciannya Rp500 ribu akan diterima saat proses pelatihan selama dua bulan dan Rp150 ribu sebagai uang tambahan setelah mengikuti survei evaluasi program Kartu Pra Kerja.

Sementara selain uang itu dapat digunakan untuk mengakses pelatihan dan seluruh uang ini akan diberikan secara non tunai melalui platform OVO, Link Aja, dan dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Belum ada Komentar untuk "Kartu Pra-kerja: Cara mendapatkan, Membuat akun dan Mendaftar Ala Wasima"

Posting Komentar