Ads 720 x 90

Cara Upload Video di Youtube Lewat Laptop dan Hp Terbaru

Cara Upload Video di Youtube Lewat Laptop dan Hp Terbaru - YouTube adalah situs berbagi konten video yang tak ada habisnya dibicarakan, video yang awalnya kurang berarti bisa bernilai tinggi seperti video anak anjing yang lucu bisa dijadikan vlog dengan selebritas favorit, video ASMR hingga panduan untuk memperbaiki wastafel Anda yang rusak. Namun dari sekian banyak anak muda yang ingin jadi youtuber belum mengatahui cara upload video mengunakan laptop dan hendphone (HP).

Cara mengunggah video ke YouTube penting untuk diketahui bagi setiap individu atau perusahaan bisnis yang ingin memamerkan kampanye untuk pemasaran produk, atau budaya perusahaan terbaru mereka.

Jika Anda memiliki video yang ingin ditonton ribuan orang hingga jutaan pengunjung, tidak ada salahnya jika di upload ke YouTube karena hal itu akan memberikan keuntungan yang besar karena ini termasuk cara mendapatkan uang dari internet. YouTube adalah platform media sosial terbesar untuk pemasaran media sosial video. Kisah kesuksesan dengan penghasilan yang tinggi dialami lebih dari beberapa jutaan YouTuber. Tetapi hanya sedikit yang mengggunkan youtube secara maksimal. Hal ini, pada akhirnya terbukti mengecewakan ketika tujuan-tujuan tertentu tidak terpenuhi.

YouTube dan Google dimiliki oleh perusahaan induk yang sama, jadi masuk akal bahwa mengunggah video ke YouTube akan berdampak positif pada strategi pemasaran dengan video Anda. Koneksi antara situs-situs tersebut akan meningkatkan berapa kali unggahan Anda muncul di hasil pencarian yang berdampak positif pada chanel Anda.

Dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna, YouTube adalah situs web media sosial terbaik untuk menyimpan dan berbagi konten video dan memastikan jumlah maksimum orang yang melihatnya.

Untuk membantu Anda memulai pemasaran video untuk diri sendiri atau bisnis Anda, kami telah membuat panduan langkah demi langkah untuk membantu mengupload berbagi semua konten konten kesayangan Anda

Edit video sebelum diupload ke YouTube


Proses pengunggahan secara keseluruhan cukup intuitif. Tetapi, ada sejumlah tips dan trik yang dapat diterapkan untuk memastikan mendapatkan hasil maksimal dari YouTube. Cara ini akan membantu menemukan komunitas orang yang akan berlangganan (Subscriber) dan bertahan untuk semua video yang Anda unggah.

Untuk membagikan konten di YouTube, Anda perlu video untuk diunggah! Setelah video sudah ada pilih software edit video terbaik (atau perangkat lunak pengeditan video gratis) untuk rencana tersebut.

Cara upload video ke YouTube

  1. Masuk ke akun youtube.
  2. Pilih tombol unggah.
  3. Seret dan lepas atau pilih file yang akan diunggah.
  4. Masukkan deskripsi, tag, dan informasi pribadi.
  5. Bagikan videonya ke media sosial.

Sebelum memulai unggahan video Anda, ada baiknya melakukan beberapa tugas penyiapan akun dasar, seperti mengunggah gambar profil, mengunggah spanduk yang memenuhi spesifikasi ukuran spanduk YouTube.

TIP: Temukan beberapa templat spanduk YouTube untuk mempermudah proses ini.

Mengambil tindakan ekstra ini akan membuat chanel lebih lengkap dan memberikan kredibilitas pada video yang diupload.

Learn.g2.com

YouTube mempermudah pengunggahan file video Anda. Cukup klik tombol unggah di kanan atas beranda (seperti terlihat pada tangkapan layar berikut) dan itu akan membawa Anda ke layar unggah.

YouTube menerima hampir semua jenis file video utama, termasuk .mp4, .m4v, .mov, .wmv, dan .avi. Ini adalah format termudah dan paling populer untuk mengekspor video Anda. File format lain mungkin perlu dikonversi menggunakan perangkat lunak sebelum mengunggah.

Anda dapat memilih dari file atau seret dan taruh ke dalam kotak yang disediakan.

Anda juga akan melihat opsi privasi di halaman ini. Ini mengontrol siapa yang diizinkan melihat video Anda dan berisi empat pilihan.

Publik: Siapa saja dapat melihat atau mencari video dan membagikan URL dan pelanggan yang Anda miliki akan melihat video Anda di umpan mereka.


Tidak Terdaftar: Video tidak akan ditampilkan di saluran Anda atau dalam pencarian, tetapi siapa pun yang bagikan video dapat mengirim atau berbagi URL sesuka mereka.

Pribadi: Hanya Anda yang memiliki akses ke video. Itu tidak akan muncul dalam pencarian atau diposting ke saluran Anda.

Jadwal: Pilih waktu dan tanggal di masa depan untuk video menjadi publik.

Konten terkait: Pelajari lebih lanjut tentang apa artinya tidak terdaftar di YouTube, dan pengecualian di mana video tidak terdaftar mungkin terlihat.


Opsi tambahan yang disediakan YouTube akan ditayangkan, alih-alih mengunggah file video. Ini memungkinkan Anda untuk streaming video langsung dan berinteraksi dengan audiens Anda secara real time melalui kotak obrolan.

YouTube memang perlu memverifikasi akun Anda sebeluml mulai streaming langsung, jadi faktor dalam potensi 24 jam yang diperlukan bagi Anda untuk mendapatkan akses ke fitur ini sebelum merencanakan streaming yang pertama .

Tambahkan informasi ke unggahan video YouTube pertama Anda


Saat Anda mengisi informasi ini, bilah biru di bagian atas layar akan menunjukkan progres pengunggahan dan pemrosesan video Anda. Penting untuk tidak menutup halaman selama proses ini dengan risiko mengganggu unggahan.

Meskipun menambahkan informasi adalah langkah sederhana, penting untuk memaksimalkan kesuksesan video Anda. YouTube akan membawa Anda ke halaman baru, meminta untuk mengisi banyak kotak teks dan memilih berbagai opsi.

Judul dan deskripsi: Judul Anda harus deskriptif dan jelas untuk secara akurat mencerminkan subjek video. Usahakan untuk menyediakan tidak lebih dari tujuh hingga 10 kata sehingga judul lengkap dapat dibaca ketika pengguna menjelajah.

Tag: Sama seperti deskripsi, sertakan tag yang relevan dan deskriptif yang akan membantu pengguna menemukan video Anda dengan mudah. Pertimbangkan kata kunci lagi di sini. Satu kata atau frasa pendek akan jauh lebih efektif daripada kalimat penuh.

Thumbnail: Thumbnail adalah visual yang digunakan berkoordinasi dengan judul video untuk mendorong orang memainkannya. Setelah cukup banyak mengunggah video Anda, YouTube akan menarik tiga gambar diam dan memberikannya kepada Anda untuk digunakan sebagai pilihan gambar kecil. Ini juga cara video ditampilkan dalam hasil pencarian. Jika tidak ada opsi ini yang berbicara kepada Anda, ada opsi untuk mengunggah gambar sendiri. Ukuran thumbnail YouTube yang disarankan adalah 1280x720 piksel. Maka harus memverifikasi akun sebelum melihat opsi thumbnail khusus.

Anda dapat melihat berbagai thumbnail dalam tangkapan layar ini. Beberapa di antaranya adalah stills sederhana, beberapa berisi judul atau logo, dan beberapa adalah representasi grafis dari apa yang mungkin berisi video. Saat pengguna mengarahkan mouse ke thumbnail ini, YouTube secara otomatis memilih potongan video secara singkat untuk dilihat oleh pengunjung.

Privasi: Pada layar ini, youtuber memiliki opsi untuk mengunjungi kembali pengaturan privasi dari sebelumnya. Dengan begitu dapat mengubah pengaturan pada video antara publik, tidak terdaftar, atau pribadi. Penting untuk diingat bahwa URL tetap sama terlepas dari status privasi.

Tambahkan ke daftar putar: Daftar Putar di YouTube membantu mengatur video yang sama bersama-sama. Misalnya, daftar putar dapat menyatukan serangkaian video walkthrough tentang permainan video. Daftar putar dapat digunakan secara pribadi untuk koleksi video Anda sendiri atau disorot di saluran untuk siapa saja yang mengunjungi. Merek seperti Vevo memanfaatkan daftar putar untuk mengatur video musik dengan genre atau artis yang serupa.

Edit pengaturan lanjutan video sebelum diupload


Bagian ini memungkinkan untuk melalui berbagai opsi yang lebih spesifik. Ini tidak perlu, tetapi bisa terbukti bermanfaat. Pengaturan default harus menyelesaikan pekerjaan jika tidak tertarik pada ini. Namun, ada beberapa item yang mungkin bermanfaat untuk dilihat.

Komentar akan memberi opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentar di video. (Basis pengguna YouTube dikenal karena bagian komentarnya yang terkadang keras.)

Pilihan ada di tangan Anda untuk meninggalkan komentar dan mengaktifkan lebih banyak komunikasi langsung dengan audiens, atau mematikannya dan menghindari umpan balik negatif.

Bagian kategori membantu menentukan topik umum yang cocok dengan video tersebut. Ada 18 kategori; telusuri mereka untuk menentukan di mana video yang ditentukan. Memilih kategori yang akurat berarti lebih banyak orang dapat mencari atau melihat video berdasarkan konten yang serupa.

Pilihan penting terakhir untuk dilihat adalah deklarasi konten. Jika Anda membuat video dengan promosi berbayar, itu perlu dinyatakan untuk tujuan hukum. Selalu transparan dengan audiens setiap kali ada penempatan produk, sponsor, atau dukungan yang terlibat dalam video yang diupload.

Publikasikan video YouTube pertama Anda


Anda sekarang dapat menekan tombol terbitkan di kanan atas untuk menyimpan perubahan Anda. Jika video selesai diunggah, Anda dapat meninggalkan halaman saat sedang diproses. Anda juga dapat bertahan dan menunggu sampai selesai sepenuhnya.

Bagikan video YouTube pertama Anda


Sekarang setelah video Anda selesai diunggah dan diproses, saatnya untuk mulai mendistribusikannya. Mulailah dengan membagikan video di saluran media sosial Anda. Untuk melakukan ini, Anda dapat menyalin dan menempel URL atau menggunakan tombol bagikan pada halaman video seperti yang terlihat di bawah ini.

Setelah mengklik ini, sebuah jendela kecil muncul memberikan beberapa opsi berbeda di mana Anda dapat berbagi video, serta tautan ringkas dan opsi sematan.

Facebook dan Twitter adalah tempat yang kuat untuk berbagi karena mereka memungkinkan untuk berbagi ulang dengan cepat ke grup besar orang sekaligus. Berbagi di situs media sosial lain seperti reddit, Pinterest, Instagram, Snapchat, atau Tumblr dapat membantu menambah jumlah penayangan.

Uji beberapa opsi ini dan tentukan di mana audiens Anda berada. Anda mungkin menemukan platform yang tidak terduga di mana hasil terbaik berasal.

Pantau analisis video YouTube pertama Anda


Sekarang setelah Anda berhasil mengunggah video Anda ke YouTube dan berusaha membuatnya dilihat, Anda dapat menyelami lebih dalam opsi Anda sebagai pencipta. Cukup klik gambar profil Anda di sudut kanan atas dan klik Creator Studio.

Dari dasbor ini, Anda dapat dengan cepat mengakses analitik video Anda. Biasanya, tampilan adalah indikator yang baik tentang berapa banyak orang yang menonton video Anda. Namun, waktu menonton akan memberi tahu Anda apakah mereka benar-benar bertahan untuk semuanya. Hitungan pelanggan akan menunjukkan kepada Anda seberapa banyak pemirsa Anda tertarik pada video apa pun di masa depan.

Klik lihat semua untuk mengeksplorasi analitik ini lebih mendalam. Analytics, seperti sumber lalu lintas dan demografi pemirsa, ada di ujung jari Anda.

Kembali ke dasbor, disana juga akan melihat komentar apa pun yang tersisa di video dan semua video Anda dikomentari oleh yang paling baru diunggah.

Membalas komentar dengan cepat dan membagikan ulang video secara berkala di platform sosial akan membantu membangun komunitas di sekitar konten dan merek Anda.

Sekarang kalian setelah berhasil mengunggah video YouTube pertama Anda, saatnya untuk kembali ke papan gambar untuk yang berikutnya. Saat terus mengunggah video ke YouTube, Anda akan mengerti apa yang beresonansi dengan audiens.

Apakah sasaran utama meningkatkan jumlah penayangan atau perusahaan, YouTube harus menjadi alat penting dalam strategi pemasaran yang diinginkan. Ingin tahu bagaimana mengubah URL Anda ke sesuatu yang selaras dengan merek Anda? Berikut cara membuat URL khusus YouTube.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter