Ads 720 x 90

Cara Input NUKS di Dapodik buat Anda

Apakah Anda termasuk kepala sekolah (Kepsek) yang belum mengatahui bagaimana cara input NUKS di Dapodik saat ini? Jika begitu berarti Anda berada di tempat yang tepat saat ini. Pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan panduan tentang cara input NUKS di Dapodik buat Anda.

NUKS merupakan syarat utama untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi, apalagi mulai tahun 2020 bagi kepala sekolah yang tidak memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) tidak akan menerima sertifikasi. Selain itu akan berimbas pada hal yang lain, diantaranya tidak dapat melakukan pengisian dapodik untuk pembayaran dana BOS atau dana bantuan sekolah.

Cara input NUKS di Dapodik

Oleh sebab ini penting bagi kepala sekolah memiliki 'Nomor Unik Kepala Sekolah' dan bagi operator harus tahu cara mengisi NUKS di dapodik untuk meringankan beban Kepsek dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Baca juga cara instal dapodik 2020 bagi yang melakukan singkronisasi

Kita tahu bahwa LPPKS mengeluarkan NUKS untuk menjamin mutu pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memberikan tugas dalam penyiapan, pemberdayaan dan pengembangan. Sebab dengan terbitnya NUKS diharapkan menjadi kepala sekolah yang berkualitas secara akademik dan administratif.

Pada kesempataan sekarang ini Saya tidak ingin membahas proses untuk mendapatkan NUKS, Saya fokus sesuai judul artikel cara input NUKS di dapodik buat Anda.

Pentingnya input NUKS di aplikasi dapodik


Telah dijelaskan diatas tentang pentingnya meng-input NUKS di Dapodik, sebab hal itu merupakan syarat untuk mencairkan tunjangan sertifikasi kepala sekolah mulai tahun 2020 mendatang.

Baca juga update dapodikdasmen 2020.a revisi dari dapodik 2020 sebelumnya

Dampak buruk juga akan berimbas pada lembaga sekolah jika NUKS tidak terinput pada aplikasi dapodik oleh teman-teman operator.

Cara Input NUKS di Dapodik


Kita mulai panduan cara input NUKS di Dapodik terbaru biar tidak banyak basa-basi. Untuk mengisi NUKS, langkah pertama buka aplikasi Dapodik terlebih dahulu.

Setelah terbuka lakukan pengisian Username dan Password menggunakan akun kepala sekolah untuk Log in ke aplikasi dapodik. Kemudian klik 'Masuk'.
https://youtu.be/jHlcUGOo7C8

Tunggu hingga proses loading selesai. Setelah tampil seperti gambar dibawah ini, Anda pilih 'Menu GTK' > Guru > Nama guru.
https://youtu.be/jHlcUGOo7C8

Setelah itu akan muncul nama kepala sekolah, lalu pilih menu 'Ubah'.
https://youtu.be/jHlcUGOo7C8

Kemudian akan muncul halaman kepala sekolah, disitu akan banyak kolom pengisian data. Isi semua kolom terlebih dahulu seperti No KK, NPWP, Nama Wajib Pajak.
https://youtu.be/jHlcUGOo7C8

Cek semua kolom kebawah, khawatir profil PTK belum dilengkapi seperti Kartu pegawai, Karis/Karsu. Lengkapi jika belum terisi.
https://youtu.be/jHlcUGOo7C8

Kemudian skrol ke bawah, nanti akan tampil kolom pengisian NUKS, masukkan nomor unik kepala sekolah, kemudian klik 'Simpan'.
https://youtu.be/jHlcUGOo7C8

Tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

Itulah tutorial cara mengisi NUKS di dapodik yang bisa Saya paparkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa lakukan singkronisasi Dapodik secara berkala, sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh dapodikdasmen.

Related Posts

4 komentar

  1. Ada group telegram Dapodik gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saat ini group telegram dapodik kami belum tersedia. Terimakasih

      Hapus
  2. NUKS khusus dapodik saja ya? Jika di kemenag apa tidak fitur seperti ini?

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan baik..

Subscribe Our Newsletter