Cara Input NUKS di Dapodik 2020 buat Kepala Sekolah


Apakah Anda termasuk kepala sekolah (Kepsek) yang belum mengatahui bagaimana cara input NUKS di Dapodik saat ini? Jika begitu berarti Anda berada di tempat yang tepat saat ini. Pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan panduan tentang cara input NUKS di Dapodik buat Anda.

NUKS merupakan syarat utama untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi, apalagi mulai tahun 2020 bagi kepala sekolah yang tidak memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) tidak akan menerima sertifikasi. Selain itu akan berimbas pada hal yang lain, diantaranya tidak dapat melakukan pengisian dapodik untuk pembayaran dana BOS atau dana bantuan sekolah.


Oleh sebab ini penting bagi kepala sekolah memiliki 'Nomor Unik Kepala Sekolah' dan bagi operator harus tahu cara mengisi NUKS di dapodik untuk meringankan beban Kepsek dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Baca juga cara instal dapodik 2020 bagi yang melakukan singkronisasi

Kita tahu bahwa LPPKS mengeluarkan NUKS untuk menjamin mutu pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memberikan tugas dalam penyiapan, pemberdayaan dan pengembangan. Sebab dengan terbitnya NUKS diharapkan menjadi kepala sekolah yang berkualitas secara akademik dan administratif.

Pada kesempataan sekarang ini Saya tidak ingin membahas proses untuk mendapatkan NUKS, Saya fokus sesuai judul artikel cara input NUKS di dapodik buat Anda.

Pentingnya input NUKS di aplikasi dapodik


Telah dijelaskan diatas tentang pentingnya meng-input NUKS di Dapodik, sebab hal itu merupakan syarat untuk mencairkan tunjangan sertifikasi kepala sekolah mulai tahun 2020 mendatang.

Baca juga update dapodikdasmen 2020.a revisi dari dapodik 2020 sebelumnya

Dampak buruk juga akan berimbas pada lembaga sekolah jika NUKS tidak terinput pada aplikasi dapodik oleh teman-teman operator.

Cara Input NUKS di Dapodik


Kita mulai panduan cara input NUKS di Dapodik terbaru biar tidak banyak basa-basi. Untuk mengisi NUKS di dapodik, langkah pertama buka aplikasi Dapodik terlebih dahulu.


  1. Setelah terbuka lakukan pengisian Username dan Password menggunakan akun kepala sekolah untuk Log in ke aplikasi dapodik. Kemudian klik 'Masuk'.
  2. Tunggu hingga proses loading selesai. Setelah tampil seperti gambar dibawah ini, Anda pilih 'Menu GTK' > Guru > Nama guru.
  3. Setelah itu akan muncul nama kepala sekolah, lalu pilih menu 'Ubah'.
  4. Kemudian akan muncul halaman kepala sekolah, disitu akan banyak kolom pengisian data. Isi semua kolom terlebih dahulu seperti No KK, NPWP, Nama Wajib Pajak.
  5. Cek semua kolom kebawah, khawatir profil PTK belum dilengkapi seperti Kartu pegawai, Karis/Karsu. Lengkapi jika belum terisi.
  6. Kemudian skrol ke bawah, nanti akan tampil kolom pengisian NUKS, masukkan nomor unik kepala sekolah, kemudian klik 'Simpan'.
  7. Tunggu hingga proses penyimpanan selesai.








Cara Cek NUKS secara Online


Jika kalian salah satu Kepala Sekolah (Kepsek) yang ingin mengetahui Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) yang telah diterbitkan oleh LPPKS, silahkan lihat panduannya dibawah ini.

Sebelumnya perlu Anda ketahui, NUKS akan dikeluarkan setelah salinan STTPP (Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan) dan dokumen administrasi, seleksi akademik yang dikirimkan oleh LPPCKS/M telah memenuhi persyaratan.

Setelah NUKS Anda dikeluarkan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kependidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) akan menerbitkan Sertifikat Kepala Sekolah/Madrasah yang bersangkutan.

Cara mengatahui sebenarnya cukup mudah, Anda tinggal kunjungi laman http://lppks.kemdikbud.go.id/nuks/login.php untuk mengecek NUKS milik Anda.

Masukkan nama dan tanggal lahir, kemudian klik "Cari", Setelah itu Anda akan mengatahui detail nomor unik kepala sekolah seperti nama, status, dan NIP.


Itulah tutorial cara input NUKS di dapodik yang bisa Saya paparkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa lakukan singkronisasi Dapodik secara berkala, sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh dapodikdasmen.

Terimakasih telah berkunjung di blog kami. Semoga bermanfaat artikel tentang NUKS buat Anda.

2 Komentar untuk "Cara Input NUKS di Dapodik 2020 buat Kepala Sekolah"

Ridhal 'Ulya mengatakan...

Sangat bermanfaat panduan mengisi NUKS bagi saya sebagai operator. Tolong update terus kak artikel tentang dapodik

Ois Chanel mengatakan...

Iya kak.. masukan akan kami teruskan ke team penulis..

Posting Komentar