Cara Mengaktifkan Dark mode / Mode Gelap di Instagram pada HP Terbaru
Cara mengkatifkan dark mode di Instagram pada ponsel iPhone dan Android kesayangan Anda. Perhatikan kelebihan mode gelap di IG

Cara mengaktifkan dark mode di Instagram


Instagram telah secara resmi menerapkan mode gelap atau dark mode untuk aplikasi di platform iOS. Fitur ini ditampilkan dalam jejak Apple yang memperkenalkan fitur Mode Gelap di iOS 13. Selain itu pengguna Android juga bisa menikmati fitur beta Instagram ini. Simak terus bagaimana Mengaktifkan mode gelap di Instagram pada ponsel kesayangan Anda.

Dark mode atau mode gelap di Instagram hadir dengan latar belakang hitam dan teks putih. Fitur ini telah lama ditunggu oleh pengguna IG karena tidak hanya menghemat daya baterai tetapi juga membuat mata lebih nyaman saat mereka menggulir aplikasi Instagram.


Instagram tidak menyediakan tombol khusus untuk secara manual mengaktifkan dan menonaktifkan fitur mode gelap di aplikasi. Tapi jangan khawatir, inilah cara mengaktifkan mode gelap di Instagram khusus aplikasi iOS:

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram untuk iPhone


Cara mengaktifkan Dark Mode di Instagram untuk iOS hanya dapat diaktifkan jika perangkat kalian sudah mendukung fitur sistem mode gelap lanjut yang menyertai sistem operasi iOS 13, jadi pastikan iOS 13 terpasang pada iPhone Anda.

Jika iPhone kalian sudah menjalankan sistem operasi terbaru, aktifkan dark mode pada perangkat ponsel kalian. Untuk mengakses aplikasi Pengaturan, lalu Lihat dan pilih opsi mode Gelap.


  1. Langkah pertama kalian masuk melalui tema gelap di iPhone dengan mengakses menu "Setting".
  2. Kemudian pilih "Display".
  3. Setelah itu pilih "Dark Mode" untuk langsung mengaktifakannya.
  4. Langkah selanjutnya Download Instagram di App Store dengan versi terbaru.
  5. Kemduain buka aplikasi Instagram di iPhone Anda, dan lihat hasilnya.
  6. Selesai.


Jika Anda ingin kembali ke tampilan normal, silahkan masuk ke "Setting" >> "Display" >> "Light Mode".

Anda pengguna iphone versi berapa? Sebenarnya mode gelap di Instgaram hampir seluruh versi terbaru bisa menerapkannya.

Di akhir proses instalasi, buka aplikasi Instagram di iPhone Anda dan layar aplikasi akan gelap secara default. Jika ingin mengubahnya ke 'mode normal', kalian dapat menonaktifkan mode gelap langsung di pengaturan iPhone.

Baca juga cara ToD di IG atau beramain game filter truth or dare di instagram buat kalian yang suka main game filter di Instagram

Pengguna Android juga dapat mencoba dark mode di Instagram. Namun untuk saat ini, fungsionalitasnya masih dalam pengujian beta. Untuk mengaktifkan mode gelap Instagram di ponsel Android:

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram untuk Android


Untuk mengaktifkan Instagram dalam mode gelap pada ponsel Android, pastikan ponsel sobat menggunakan sistem operasi Android 10. karena Android 10 sudah mendukung fungsionalitas sistem yang diperluas dalam dark mode.

Namun, jika ponsel menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung dark mode seperti Samsung One UI, Anda juga dapat menggunakan mode gelap di aplikasi Instagram.

Sebenarnya cara mengaktifkan dark mode di Instagram untuk Android tidak jauh berbeda dengan di iPhone, jika di iPhone harus iOS 13, maka smarphone Anda harus OS Android 10.

Berikut cara aktifkan mode gelap Instagram untuk perangkat dengan OS Android 10:


  1. Pastikan HP Anda sudah terpasang Android 10.
  2. Kemudin Aktifkan mide gelap masuk ke menu "Setting" >> "Display" >> "Night Mode" >> kemudian pilih "On".
  3. Langkah selanjutnya unduh aplikasi Instagram di Play Store atau perbarui.
  4. Kemudin jalankan aplikasi Instagram untuk melihat hasilnya.
  5. Selesai.


Jika ingin menonaktifkan dark mode silahkan masuk ke "Settings".
Setelah itu pilih "Display", kemudian pilih "Night Mode", laluh pilih "Off".

Sama seperti iOS 13, tak semua perangkat Android mendukung OS Android 10. Jika memiliki perangkat yang kompatibel, cek terlebih dahulu apakah update Android 10 tersedia. Bagaimana untuk perangkat non-Android 10?

Jika ponsel sobat sudah menggunakan Android 10, aktifkan dark mode di ponsel Android kesayangan kalian. Cara mengakses program pengaturan, lalu Lihat, lalu pilih opsi Mode malam dan aktifkan.

Karena ini hanya tersedia dalam versi beta, Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk melakukan versi beta. Caranya buka Google Play Store dan cari aplikasi Instagram.

Klik halaman Instagram di Google Play Store dan gulir untuk menemukan Opsi Beta. Klik Bergabung dan tunggu sebentar.

Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi membatasi jumlah orang yang dapat melakukan pengujian beta. Jika tidak ada lagi slot, sobat akan melihat pesan bahwa slot sudah penuh. Bagaimana mengaktifkan dark mode di Instagram untuk Android yang terbaru? Tentunya wajib instal versi beta dulu ya sobat.

Instal Instagram versi beta


Jika Anda telah bergabung dengan uji coba versi beta, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Instagram dalam versi beta. Pada akhir proses instalasi, aplikasi Instagram akan muncul dalam dark mode secara default.

Kelebihan mengaktifkan dark mode


Masa pakai baterai lebih lama


Berdasarkan hasil penelitian tentang penggunaan fitur mode gelap, kelebihan  baterai pada perangkat seluler dapat bertahan lebih lama daripada tidak menggunakan dark mode, dan ini hanya berlaku untuk ponsel yang memiliki tampilan Organic Light-Emitting Didode (OLED).

Beberapa smartphone yang sudah menggunakan tampilan OLED termasuk iPhone X, XS dan versi terbaru, termasuk Samsung Galaxy Series dan perangkat Google Pixel.

Pada ponsel layar OLED, piksel mati jika layar menampilkan warna gelap atau hitam. Dengan cara ini, beberapa piksel mati di layar ketika pengguna mengaktifkan kondisi gelap, dan ini memiliki efek yang baik pada baterai karena menjadi lebih efisien. Efeknya tidak dialami oleh smartphone yang masing-masing menggunakan layar LCD. Karena penerangan di layar LCD menggunakan bantuan lampu besar yang terletak di belakang atau di sebelah ponsel untuk memberikan penerangan beberapa piksel.

Latar belakang layar lebih menarik


Kelebihan mengaktifkan dark mode di Instagram salah satunya kondisi gelap memberikan tampilan visual yang lebih menarik. Karena aspek teks dan visual yang cenderung diwarnai menonjol ketika Anda menggunakan latar belakang yang lebih gelap. Ini diakui oleh perancang aplikasi dan pengembang, Roman Banks, dari sejumlah aplikasi, salah satunya di Instagram.

Terasa nyaman di mata


Mata akan merasa nyaman ketika menggunakan dark mode. Ini juga diasumsikan oleh Apple. Ketika keadaan gelap dirilis untuk MacOS Mojava, perusahaan merasa bahwa menggunakan dark mode sangat membantu seseorang lebih konsentrasi.

Itulah cara mengaktifkan dark mode di Instagram pada ponsel iPhone dan Android yang bisa kalian aktifkan.

Soource: detik, harapanrakyat

Ois Chanel

Terimaksih telah membaca artikel kami. Berikan Comment disini.

Comment