Manajemen paud dikmas - Sinkronisasi dapodik PAUD dan Cek hasil entry data
Cara sinkronisasi dapodik PAUD DIKMAS dan cek hasil entry data yang mudah

Sinkronisasi dapodik PAUD dan Cek hasil entry data


Halo teman-teman operator PAUD..! Semoga Bunda dalam tetap semangat berjuang memajukan pendidikan di negara tercinta kita. Karena Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan pertama untuk mencetak calon generasi bangsa Indonesia atau kita kenal dengan pendidikan untuk anak-anak hingga umur enam tahun. Pada judul "Sinkronisasi dapodik PAUD" kali ini kami sengaja persembahkan buat sahabat operator.

Kita sudah tahu bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat memiliki sistem bernama Manajemen Pokok Pendidikan Anak Usaha Dini (Manajemen PAUD).

Sistem yang dirilis Kemdikbud bisa Anda akses oleh di situs https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ untuk mengelola lembaga PAUD dimana Anda bertugas. Sistem Manajemen PAUD ini untuk mengolah data sekolah serta mampu untuk melakukan sinkronisasi data pokok peserta didik (Dapodik) PAUD.

Data-Data Manajemen PAUD


Apa saja data yang tersedia di manajemen PAUD? Setelah kami amati ada beberapa data-data penting yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

  • Satuan pendidikan
  • Pendidik
  • Peserta didik
  • Rombongan belajar
  • Sinkronisasi
  • Jumlah perjenis satuan pendidikan
  • Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
  • Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)
  • Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). 

Jika Anda sebagai operator telah melakukan sinkronisasi, maka data sekolah Anda akan tampil di situs tersebut. Jika belum, Anda perlu melakukan sinkronisasi terlebih dulu. Lalu bagaimana "cara sinkronisasi dapodik PAUD"? Baca terus artikel kami hingga selesai.

Cara sinkronisasi Dapodik PAUD


Sinkronisasi dapodik PAUD saat ini dapat dilkukan secara online di halaman Manajemen PAUD. Apabila kalian salah satu diantara operator yang mengelola satuan pendidikan di tingkat PAUD perlu mengikuti langkah sinkronisasi.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama kunjungi halaman Manajemen PAUD di website resminya, https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/.
  2. Kemudian klik "Log in" di pojok kanan.
  3. Setelah itu piih 'Satuan pendidikan".
  4. Pilih "Login Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas".
  5. Kemudian isi data akun sesuai dengan username dan password.
  6. Langkah selanjutnya pergi ke laman "Dashboard Satuan Pendidikan", lalu pilih "Profil PAUD", dan klik tombol "Dapodik online atau offline". 
  7. Lakukan perubahan "Metode Sinkronisasi" ke "Dapodik Online".

Setelah melakukan tahapan-tahapan diatas, secara otomatis proses perubahan sinkronisasi Dapodik ke online telah berhasil. Tapi tidak cukup disitu, masih ada tahapan selanjutnya, yaitu pengisian dapodik di aplikasi Dapodik PAUD Dikmas online.

Pengisian data Dapodik PAUD Online


Langkah pertama buka aplikasi "Dapodik PAUD Dikmas Online".

Kemudian Log in ke Dashboard Dapodik dan perhatikan bagian validasi data yang masih "Warning dan Invalid" .

Jika ingin Meluluskan atau mengeluarkan peserta didik di aplikasi kalian pilih menu "Peserta didik" kemudian pilih nama siswa yang telah lulus dengan klik icon disebelah keterangan jenis kelamin.

Langkah selanjutnya pilih "Keluarkan Peserta Didik", dan isi data siswa, kemudian klik Simpan.

Untuk menyalin Penugasan PTK Guru, Anda dapat memilih menu "Pendidik/Tendik" atau (PTK) lalu pilih "PTK". Setelah itu pilih "Salin Penugasan PTK, kemydian pilih tombol "Ya". Setelah itu akan muncul pesan sukses tentang penugasan PTK, terkhir pilih "OK".

Update data invalid, warning periodik sekolah


Terkadang masih ada data yang invalid (warna merah) dan Warning ditandai dengan kuning. Untuk mengatasi tersebut, Anda perlu melakukan update dengan langkah dibawah ini.

Langkah pertama, salin data rinci periodik dengan memilih "Menu Lembaga", kemudian pilih "Data Periodik", setelah itu pilih "Salin Data Periodik", dan terakhir pilih "Ya" untuk menyelesaikannya.

Kedua, lakukan Update sanitasi sekolah  dengan Klik "Menu Lembaga", kemudian pilih "Sanitasi", langkah selanjutnya pilih "Salin Data Sanitasi", dan klik "Ya".

Ketiga, Bersedia menerima BOP dengan memilih "Menu Lembaga", lalu pilih "Data Periodik", kemudian klik "Salin Data Periodik". Setelah itu, pilih "Bersedia Menerima BOP", terkahir klik "Ya" untuk menyimpan proses update Menerima BOP.

Cek entry data sinkronisasi


Cara cek entry hasil sinkronisasi Dapodik PAUD DIKMAS setidaknya ada tiga metode yang dapat Anda pilih. Namun ada cara alternatif yang lebih mudah tanpa harus login ke aplikasi dapodik online dan offline.

Cara paling gampang ini sebenarnya dengan melihat semua data sinkronisasi semua sekolah di Indonesia. Jika lembaga Anda berada di daftar sinkroniasi, berarti data lembaga sudah valid semua. Trik ini hanya tinggal memilih Provinsi/Kabupaten/Kecamatan sekolah. Selain itu metode ini dapat memberikan informasi terkait status pengisian dapodik PAUD dan DIKMAS setiap sekolah.

  1. Akses situs https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/
  2. Masuk ke halaman Manajemen, dan pilih "Menu Progress Entry Data" >> "Progress Entry Data PAUD" kemudian pilih "PAUD".
  3. Langkah selanjutnya pilih "Progess Pengisian Data Satuan Pendidikan Anak Usia Dini". 
  4. Pilih Provinsi>>Kabupaten>>Kecamatan sesuai alamat sekolah Anda.
  5. Cari lembaga Anda, dan perhatikan hasil entry data sinkronissasinya.

Itulah panduan sinkronisasi dapodik PAUD dan Cek hasil entry data yang dapat kami sampaikan. Jika ada kekurangan kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Selamat bekerja Bunda!

Ois Chanel

Terimaksih telah membaca artikel kami. Berikan Comment disini.

Comment