Cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 7 / 8.1 / 10
Cara mengaktifkan bluetooth di windows 7/8.1/10 dengan mudah

Cara mengaktifkan Bluetooth di Windows

Cara mengaktifkan bluetooth di windows

Bluetooth salah satu alat komunikasi yang biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat ke perangkat komunikasi lainnya seperti digunakan di HP, Laptop windows, linux, dan lain-lain. Tentu kita sudah tahu fungsi bluetooth kan? Alat kecil ini dapat mempermudah berbagi file dokumen, audio hingga video sebagai pengganti penggunaan kabel. Okela lanjut ke cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 7/8.1/10 dengan mudah.

Contents
>

Penggunaan Bluetooth di laptop dengan OS windows 7/8.1/10 hingga vista sekalipun sangat bermanfaat sekali bagi kita yang tidak mau ribet apabila melakukan sharing file di PC kesayangan kita. Lalau bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7 / 8.1 / 10 dengan mudah.

Saya tidak inging membahas tentang "Cara menghidupkan Bluetooth di Windows" 7 / 8.1 / 10 satu-satu. Tetapi akan menjabarkan secara mendasar saja. Karena menyambungkan perangkat Bluetooth secara umum ada kesamaan.

Cara mengaktifkan bluetooth di windows


Berikut beberapa "cara mengaktifkan bluetooth di windows" yang bisa anda terapkan di PC semua merk laptop yang ada di Indonesia secara umum.

Tidak semua PC Windows langkah "Cara aktifkan Bluetooth di Windows" sama persis. Tapi ada perbedaan tergantung laptop yang digunakan.

Proses Inisialisasi


Sebelumnya perlu Anda ketahui Apakah laptop sudah terpasang built-in bluetooth device. Jika tidak, maka dipastikan tidak dapat mengaktifkan Bluetooth tanpa alat bantu.  Solusinya harus membeli sebuah perangkat dongle USB bluetooth di toko online atau dimana saja, yang penting bisa mendapatkannya.

Jika di Laptop Anda ada ikon Bluetooth, berarti laptop tersebut sudah terpasang. Tinggal diaktifkan saja.

Melalui Tombol di Keyboard


Jika Laptop yang kalian gunakan sudah mendukung Bluetooth, maka "cara menghidupkan bluetooth di Windows" cukup dengan menekan tombol Fn+tombol logo buetooth secara bersamaan.

Bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di windows 7/8.1/10 sangat mudah?.  Oleh sebab itu jika PC  Anda belum tersedia, sebaiknya ganti laptop yang baru. Itupun kalau ada duit.

Menggunakan Dongle USB Bluetooth


Cara ini  mayoritas digunakan untuk komputer atau laptop yang tidak ada fitur bluetooth bawaan pabrik. Ini berlaku untuk OS windows 7/8.1/10 dan windows vista.

Sebelum mengaktifkan bluetooth di windows perlu melakukan instalasi driver bluetooth terlebih dahulu. Jika proses instal sudah selesai baru colokkan USB bluetooth ke PC untuk mengaktifkannya.

Cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 10


Untuk menghubungkan perangkat Bluetooth (headphone, mouse, dll.) Atau untuk mentransfer file dari HP Kamu ke PC melalui Bluetooth, tentu harus terlebih dahulu mengaktifkan Bluetooth pada Windows 10.

Biasanya untuk mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 ada tiga langkah sederhana yang bisa dilakukan.

  1. Klik tombol logo Windows dan klik tombol I untuk membuka jendela Pengaturan /setelan.
  2. Klik Perangkat.
  3. Klik sakelar (biasanya jika dafaut disetel ke Off) untuk menghidupkan Bluetooth. (Status berubah menjadi Aktif/On)

Tetapi jika tidak dapat melihat sakelar dan layar Kamu terlihat seperti ini, berarti ada masalah dengan Bluetooth di laptop kalian. Namun tidak perlu panik. Kami akan menjelaskan kepada Kamu bagaimana cara memperbaiki Bluetooth di komputer Windows 10 dengan mudah.

Apa yang harus dilakukan jika Bluetooth tidak dapat diaktifkan di Windows 10


Berikut adalah tiga cara terbaik untuk memperbaiki masalah Bluetooth di Windows 10. Skrol ke bawah hingga selesai agar kalian dapat menemukan paduan yang tepat.

Perbarui driver Bluetooth


Aktifkan kembali perangkat lunak driver Bluetooth di Device Manager
Pastikan layanan dukungan Bluetooth berjalan

Jika ini pertama kalinya Kamu menghubungkan perangkat Bluetooth ke komputer Windows 10 Kamu, Kamu mungkin perlu memeriksa apakah komputer Kamu memiliki Bluetooth.
Jika Kamu yakin komputer Kamu mendukung Bluetooth, alihkan ke solusinya.

Untuk memeriksa apakah komputer Kamu mendukung Bluetooth dengan klik kanan tombol pada desktop untuk memilih Device Manager.

Di Device Manager periksa apakah bagian Bluetooth ada atau apakah adaptor Bluetooth ada di bagian Network Adapters. Adaptor Bluetooth juga dapat muncul di bagian Perangkat Lain karena beberapa kesalahan.

a) Jika Kamu menemukan satu atau beberapa kartu Bluetooth di Device Manager, komputer Windows 10 Kamu mendukung Bluetooth. Beralih ke solusi untuk terus menyelesaikan masalah Kamu.

b) Jika Kamu tidak dapat menemukan adaptor Bluetooth di Device Manager, komputer Windows 10 Kamu tidak mendukung Bluetooth. Tapi jangan khawatir, penerima Bluetooth dapat dengan mudah menyelesaikan masalah untuk Kamu.

Koreksi: Perbarui driver Bluetooth di komputer Kamu

Bluetooth membutuhkan dukungan perangkat keras dan lunak untuk berfungsi. Ketika Kamu yakin komputer Kamu mendukung Bluetooth, tetapi masih tidak berfungsi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbarui driver Bluetooth Kamu.

Cara meperbarui driver Bluetooth: secara manual dan otomatis.


Untuk memperbarui driver secara manual, buka situs situs resmi komputer dan cari driver Bluetooth terbaru yang benar. Pastikan Kamu memilih driver yang tepat untuk versi Windows Kamu (32-bit atau 64-bit).

Namun, jika Kamu tidak memiliki waktu, kesabaran, atau keterampilan komputer untuk memperbarui driver Bluetooth secara manual, Kamu dapat melakukannya secara otomatis dengan Driver Easy dengan mudah agar bluetooth dapat aktif di windows. Driver Easy akan secara otomatis menemukan driver Bluetooth yang benar untuk laptop Kamu


  1. Download driver Easy.
  2. Instal dengan benar.
  3. Klik Pindai Sekarang. Ini mendeteksi semua masalah driver komputer (termasuk driver Bluetooth) dalam waktu kurang dari satu menit.
  4. Jika Kamu memiliki versi gratis Driver Easy, klik tombol Refresh di sebelah driver Bluetooth yang dipilih untuk secara otomatis mengunduh driver yang benar dan Kamu dapat menginstalnya secara manual.


Tetapi jika Kamu memiliki versi Pro, Kamu dapat mengklik Perbarui Semua untuk secara otomatis mengunduh dan menginstal semua driver yang terhapus atau kadalursa

Jika Kamu mengklik tombol Perbarui Semua dalam versi gratis, Kamu akan ditanya apakah Kamu ingin meningkatkan ke versi Pro.

Hidupkan kembali komputer Kamu. Tahan tombol logo Windows dan tekan tombol I untuk membuka jendela Pengaturan.


Sekarang lihat kemungkinan mengaktifkan Bluetooth windows 7/8.1/10? Jika berfungsi dengan baik, berrati telah memecahkan masalah. Tetapi jika belum ada, ada hal lain yang bisa Kamu coba.

Koreksi 2: Mengaktifkan kembali perangkat lunak driver Bluetooth di Device Manager

Klik kanan tombol Mulai. dan pilih Pengelola Perangkat.

Klik kanan perangkat Bluetooth di bagian Bluetooth dan pilih Nonaktifkan perangkat. (Jika Kamu diminta untuk mengkonfirmasi, klik Ya.)

Klik kanan perangkat lagi dan klik Activate Device.

Tahan tombol logo Windows dan tekan tombol I untuk membuka jendela Pengaturan.

Apakah saklar Bluetooth ditampilkan sekarang? Jika tidak, kami memiliki hal lain yang dapat Kamu coba.

Koreksi 3: Pastikan layanan dukungan Bluetooth berjalan

Tekan dan tahan tombol logo Windows dan tekan tombol R untuk menampilkan kotak Execute.

Ketik services.msc dan tekan Enter.

Klik kanan layanan dukungan Bluetooth, lalu klik Mulai. (Jika pengaturan Mulai dinonaktifkan, klik Restart.)

Klik kanan lagi layanan dukungan Bluetooth dan klik Properti kali ini.

Setel jenis mulai ke Otomatis. Klik Terapkan, lalu klik OK.

Terakhir, tahan tombol logo Windows dan tekan tombol I untuk menampilkan jendela Pengaturan dan pastikan pengaturan Bluetooth ada.

Saya harap ini menyelesaikan masalah Bluetooth Kamu. Harap jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini dengan pengalaman dan berbagi dengan teman-teman yang lain mengalami masalah bluetooth di windows.

Cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 7 / 8.1


Selama komputer Kamu memiliki Bluetooth, Windows menyederhanakan aktivasi dan konektivitas. Dengan Bluetooth diaktifkan, Kamu dapat terhubung ke jaringan nirkabel, menghubungkan PC ke perangkat nirkabel lain, dan banyak lagi.

Tutorial cara mengaktifkan bluetooth di windows 7 / 8.1 dalam artikel ini berlaku memiliki kesamaan secara umum.

Beberapa laptop memiliki tombol atau tombol keyboard yang memungkinkan Kamu untuk mengaktifkan Bluetooth di windows dengan satu sentuhan. Namun, jika Kamu tidak dapat menemukan salah satunya, Kamu dapat mengaktifkan Bluetooth di pengaturan komputer Kamu.

  1. Pilih tombol Start.
  2. Ketik "Bluetooth" di kotak pencarian.
  3. Pilih pengaturan Bluetooth dari daftar.
  4. Setel sakelar Bluetooth ke mode Aktif.


Pengaturan untuk mengaktifkan Bluetooth di Windows 7 sedikit berbeda dari pada versi Windows yang lebih baru.

  1. Pilih tombol Start.
  2. Di kotak Mulai Pencarian, ketikkan pengaturan Bluetooth.
  3. Di hasil pencarian, pilih Ubah pengaturan Bluetooth. Kotak dialog Pengaturan Bluetooth terbuka.
  4. Pilih tab Pengaturan.
  5. Pilih kotak centang Izinkan perangkat Bluetooth untuk menemukan komputer ini di Discovery.
  6. Pilih kotak centang Izinkan perangkat Bluetooth untuk terhubung ke komputer ini dan beri tahu saya ketika perangkat Bluetooth baru ingin terhubung dalam Koneksi.
  7. Pilih Terapkan, lalu pilih OK.


Kamu sekarang akan melihat ikon Bluetooth di taskbar atau di folder Hidden Icon di sebelah kiri tanggal dan waktu di taskbar.

Setelah mengaktifkan Bluetooth dan membuat komputer terlihat, Kamu dapat menghubungkan headset Bluetooth Kamu ke PC atau memasangkan perangkat apa pun yang mendukung Bluetooth, seperti keyboard, mouse, atau speaker, ke laptop tersebut.

Komputer sekarang dipasangkan dengan perangkat lain. Mereka harus terhubung secara otomatis setiap kali kedua perangkat berada di area koneksi, asalkan Bluetooth diaktifkan pada keduanya.

Memecahkan masalah Bluetooth


Jika Kamu tidak dapat mengaktifkan Bluetooth di komputer Windows 7 Kamu, atau jika Kamu tidak dapat memasangkan perangkat lain dengan PC Kamu melalui Bluetooth, pemecahan masalah dapat membantu Kamu menemukan solusinya.

Metode pertama dan terbaik adalah mengunjungi situs web produsen laptop dan mendapatkan driver Bluetooth terbaru dari sana. Banyak dari mereka memiliki driver Bluetooth khusus Windows 8 yang dirancang untuk memulihkan pengoperasian Bluetooth.

Driver Windows 7 yang lebih baru sering juga tak berfungsi. Pastikan untuk mengambil driver khusus untuk tipe Windows Kamu (32-bit atau 64-bit). Setelah menginstal driver terbaru dan restart, Bluetooth akan muncul di pengaturan nirkabel untuk mengikuti "Cara aktifkan bluetooth di windows 7" dengan mudah.

Kamu juga dapat menentukan produsen perangkat keras Bluetooth dan mencoba mengunduh driver langsung dari situs web perusahaan. Ini bekerja dengan baik jika Kamu memiliki adaptor Broadcom. Untuk menentukan produsen Bluetooth sistem Kamu, coba cari Google untuk nomor model PC Kamu (ditulis di depan atau di bawah laptop) atau buka panel kontrol Windows Kamu, buka Device Manager, dan cari Bluetooth.

Hapus instalan Bluetooth


Terkadang laptop Kamu dilengkapi dengan manajer nirkabel yang akan mengganggu manajemen nirkabel Windows. Hapus instalasi aplikasi yang menyertai PC Kamu dan kelola nirkabel langsung di Windows 8.

Hidupkan sakelar perangkat keras nirkabel

Meskipun switch nirkabel tidak disukai pada laptop baru-baru ini, tapi laptop yang berusia beberapa tahun masih memilikinya. Saya memiliki laptop sakelar tunggal Sony, nirkabel dan Bluetooth, dan ketika saya menutup penutupnya, cenderung mematikan sakelar nirkabel. Ketika sakelar ini dimatikan, Bluetooth bahkan tidak muncul di Windows, jadi pastikan sakelar itu dalam posisi Nyala sebelum mencoba mengaktifkan Bluetooth di perangkat lunak.

Coba Driver Reviver


Driver Reviver sangat baik untuk melacak driver nirkabel terbaru untuk laptop Kamu. Jika Kamu kesulitan menemukan pembaruan driver Bluetooth khusus yang diperlukan untuk Windows 8, Driver Reviver akan melakukannya.

1. ASUS

Jika Kamu memiliki ASUS K55A, ambil driver terbaru dari halaman ini di situs web ASUS.

ASUS Republic of Gamers G74SX memiliki forum khusus dengan beberapa solusi. Cobalah kunjungi!

Mereka yang memiliki ASUS Vivobook S200E atau X202 juga bisa mendapatkan driver terbaru di situs web ASUS. Dengan demikian "Cara mengkatifkan bluetooth di laptop Asus windows" tak perlu pusing-pusing lagi.

Dan mereka yang memiliki Vivobook S400CA juga dapat mengunduh driver dari situs ASUS.

2. Dell

Jika Kamu memiliki Dell Inspiron N5010, unduh driver Bluetooth terbaru untuk mesin Kamu dari situs web Dell. Mungkin mengatakan Windows 7, tetapi tetap lanjutkan saja. Unduh ke desktop atau folder Unduh, lalu ekstrak file. Pesan kesalahan ditampilkan pada program yang tidak kompatibel dengan Windows 8. Tutup pesan ini.

Kemudian arahkan ke lokasi pengemudi (biasanya c: nama pengguna, Win64 atau Win32).
Kemudian, Kamu perlu menginstal file instalasi dalam mode kompatibilitas untuk membuat Windows berfungsi di Windows 7:

  1. Klik kanan file instalasi.
  2. Klik Properti.
  3. Klik tab Kompatibilitas.
  4. Pilih Jalankan program ini dalam mode kompatibilitas.
  5. Pilih Windows 7 dari menu.
  6. Pilih Jalankan aplikasi ini sebagai administrator.
  7. Klik OK

Dell Inspiron 15R dan beberapa model Dell lainnya dapat dengan mudah mendapatkan driver Bluetooth dari situs web Dell dan pasti mudah mengatahui "Cara mengaktifkan bluetooth di laptop dell". Namun harus berfungsi dengan baik. Jika tidak, coba metode mode kompatibilitas di atas.

Dell Inspiron 1440 juga dapat mengunduh driver Bluetooth terbaru di situs web Dell.

Jika Kamu memiliki Dell Studio 1555, unduh driver ini sebagai gantinya dari situs Web Dell.

3. HP / Compaq

Ini berlaku untuk HP Pavilion G6 2313AX dan model lainnya. Berikut ini tautan ke driver Bluetooth yang diperlukan di situs Web HP.

Untuk model yang sedikit berbeda, G6 2016TX, unduh driver terbaru dari situs HP di sini.

Bluetooth di HP 620 bekerja dengan baik di Windows 7 tetapi tidak di Windows 8. Coba driver ini terlebih dahulu di situs web HP. Jika tidak berhasil, coba instal menggunakan metode Mode Kompatibilitas.

Jika Kamu memiliki Compaq CQ58 atau model Compaq lainnya, coba driver ini di situs Web HP.

4. Lenovo

Alih-alih pergi ke situs Web Lenovo, untuk Lenovo B320 dan model Lenovo lainnya, langsung ke situs Web Broadcom (produsen driver) dan dapatkan drivernya dari sana.

Namun, untuk Lenovo G450, cobalah driver ini di situs Web Lenovo.

Dan jika Kamu memiliki Lenovo G580, Kamu akan pergi ke sini di situs Lenovo sebagai gantinya.

5. Medion

Laptop Medion, seperti Medion Akoya P6635, menggunakan Intel Centrino Wireless-N yang terintegrasi dengan Bluetooth 4.0. Unduh driver terbaru dari situs Intel karena Medion tidak menawarkan dukungan dari situs mereka.

6. Samsung

Samsung Chronos 7 dan model Samsung lainnya dapat menemukan driver Bluetooth terbaru dari situs ini di situs web Samsung.

7. Sony

Sony lambat untuk merilis driver Windows 8 untuk beberapa laptop lama mereka dan mungkin tidak melakukannya sama sekali. Jika Kamu memiliki Sony SVE15113, coba driver Windows 7 terbaru ini dari situs Sony. Kamu mungkin perlu menginstal driver dalam mode kompatibilitas. Lihat instruksi Dell di atas untuk ini.

Laptop Sony yang lebih lama (seperti VPC-CW290X) sering menggunakan adaptor Bluetooth Broadcom. Coba perangkat lunak di situs Broadcom karena dirancang khusus untuk Windows 8.

Laptop Sony terbaru (seperti seri Vaio E 14P, nomor model SVE14A390X) menggunakan adaptor Bluetooth Qualcomm Athero. Coba driver ini di situs Sony.

8. Toshiba

Toshiba Satellite Core i5 P855-S5312 dan model Toshiba lainnya dapat menggunakan driver Bluetooth terbaru ini dari situs Toshiba untuk membuatnya berfungsi.

Meskipun menghubungkan ke kabel mungkin lebih sederhana, itu tidak selalu merupakan pilihan terbaik.

Misalnya, PC Anda mungkin tidak memiliki port USB gratis. Banyak laptop kecil hanya memiliki satu atau dua, atau Sobat mungkin memiliki MacBook yang hanya memiliki port USB-C. Bahkan PC desktop yang dilengkapi dengan baik sering memiliki semua port USB yang digunakan.

Kalian mungkin tidak memiliki kabel atau dapat menggunakan kabel usb untuk mengisi daya telepon. Akhirnya, mungkin ide yang baik untuk menjaga ponsel tidak terlihat atau menghindari bahaya kabel yang menggantung, terutama jika berada di tempat umum.

Apa pun alasannya, menghubungkan ke Bluetooth cukup mudah. Setelah konfigurasi awal selesai, itu juga bisa otomatis. Siapa pun yang sering mentransfer file antara telepon dan PC harus menguasai Bluetooth.

Jika perlu mentransfer sejumlah file, mengirimnya melalui email kepada teman sendiri adalah solusi cepat dan baik. Menggunakan layanan penyimpanan cloud lebih baik karena dapat mengatur file dan mencegahnya hilang di email.

Namun, perlu diingat bahwa metode ini melibatkan pengunggahan dan pengunduhan. Jika memiliki koneksi yang lambat atau terukur, And mungkin ingin berpikir dua kali tentang mengunggah file besar. Simak juga "cara mengembalikan bluetooth yang hilang di laptop windows 7" tanpa software.

Wi-Fi Direct adalah alternatif untuk Bluetooth, tetapi tidak terintegrasi dengan baik ke dalam perangkat modern dan karena itu tidak perlu dikhawatirkan bagi kebanyakan orang.

Alih-alih, coba aplikasi seperti EasyJoin di Android untuk mentransfer file ke jaringan lokal Sobat. Mereka yang memiliki iPhone dan Mac dapat menggunakan AirDrop Apple.

Setiap koneksi ke koneksi antara komputer dan smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan. Bluetooth sangat bagus untuk koneksi jarak pendek sementara ketika Sobat perlu zap file atau dua dengan cepat. Tetapi kabel USB, penyimpanan cloud dan jenis koneksi lainnya juga penting.

Bluetooth mungkin bukan teknologi nirkabel terbaru dan tentu saja bukan yang paling dapat dilakukan, paling tidak dalam hal menggunakannya untuk transfer file. Namun, ini masih merupakan salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk menghubungkan perangkat komunikasi yang berbeda. Baca juga "cara memunculkan bluetooth di laptop windows 8" yang sering mengalami error.

Salah satu situasi paling umum yang melibatkan Bluetooth adalah ketika Sobat ingin menghubungkan smartphone Android ke PC atau perangkat Windows 10 sehingga dapat mentransfer file antar perangkat atau melakukan tugas lain. Hari ini kami tunjukkan cara melakukannya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan Bluetooth diaktifkan di lapto atau perangkat Windows 10. Sobat dapat menemukan instruksi lengkap tentang cara melakukan ini dalam panduan "cara mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth di Windows 10".

Jika komputer atau perangkat Windows 10 tidak memiliki chip Bluetooth bawaan, Sobat mungkin tidak dapat melihat sakelar daya dan tidak dapat membuat koneksi Bluetooth jika Sobat tidak menambahkan adaptor Bluetooth seperti ini.

Pilih "Browse", lalu buka folder yang berisi file yang ingin dikirim. Sobat dapat menekan tombol "CTRL" dan memilih beberapa file jika diinginkan. Setelah memilih file, pilih "Buka".

File harus ditampilkan di bidang "Nama file". Pilih "Selanjutnya".

Itu tidak berhasil di laptop sya. Hubungi dukungan telepon MS dan tidak dapat memperbaiki masalahnya. Untungnya, saya menggunakan dual Linux dan berfungsi dengan baik. Jadi itu pasti masalah Windows.

Terima kasih. Itu berhasil. Sebelumnya, saya belum memilih pengaturan - Bluetooth dan perangkat lain - untuk mengirim atau menerima file melalui penerimaan Bluetooth. Tanpa opsi ini, tidak mungkin memulai transfer file dari ponsel saya.

Itu tutorial cara mengaktifkan bluetooth di windows yang dapat kami jelaskan buat temen-teman  semua.

Ois Chanel

Terimaksih telah membaca artikel kami. Berikan Comment disini.

Comment