LTMPT 2020+ Cara registrasi LTMPT, kode registrasi dapodik emis dan jadwal SNMPTN (Lengkap)
Cara registrasi LTMPT, kode registrasi dapodik emis dan jadwal SNMPTN 2020 - Bagi sekolah Sekolah yang diwakili kepala atau operator dan siswa yang ingin mengikuti program pemerintah 'Seleksi nasiona masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN 2020' wajib melakukan registrasi akun di LTMPT terlebih dahulu. Tahapan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini sudah bisa dibuka muai 2 Desember 2019 dan harus memenuhi beberapa persyaratan.


Pemerintah Indonesia yang diwakili kementerin pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) telah mengeluarkan kebijakan baru bagi sekolah dan peserta yang akan mengikuti seleksi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020. Kebijakan tersebut yaitu Single Sign On (SSO), dimana siswa yang telah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat tersebut harus memilki akun LTMPT.

Cara registrasi LTMPT, kode registrasi dapodik emis dan jadwal SNMPTN
LTMPT

Sebelum melakukan registrasi akun LTMPT, sekolah dan siswa calon SNMPTN 2020 harus mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Cara registrasi LTMPT dan verifikasi data


Cara registrasi LTMPT sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk membuat akun LTMPT. Tahapan pendaftaran bagi sekolah dan siswa ada perbedaan. Jika Anda mewakili sekolah, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah khusus sekolah.

Apabila Anda seorang siswa yang hendak registrasi akun LTMPT tentu yang harus dipilih adalah menu 'Siswa' di situs web portal.ltmpt.ac.id dan ikut alur pendaftarannya hingga verifikasi data selesai.

Registrasi LTMPT untuk Siswa



  1. Langkah pertama registrasi LTMPT bagi siswa mengunungi laman portal.ltmpt.ac.id
  2. Pilih menu 'Siswa' setelah masuk ke laman LTMPT.
  3. Kemudian input NISN Anda, NPSN Sekolah tempat dimana belajar, dan juga harus isi tanggal lahir Anda, lalu tekan tombol 'Selanjutnya' jika kolom yang tertera suduh terisi semua.
  4. Masukkan email aktif dan password. Jika belum memilili email, buat akun email terlebih dahulu.
  5. Langkah selanjutnya klik tombol 'Daftar'
  6. Lakukan aktivasi akun LTMPT dengan membuka inbox email, jika di kotak masuk tidak ada, periksa spam email, kemudian lukakan aktivasi akun.
  7. log in kembali ke laman portal.ltmpt.ac.id. untuk memastikan akun Anda.
  8. Masuk ke dashboard portal LTMPT. Kemudian Ada Pilih menu 'Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa (VERVAL)'.
  9. Selanjutnya periksa data yang telah diinput secara seksama, kemudian Isi kolom Nomor Induk Keluarga (NIK), status agama, alamat rumah dengan lengkap, nomor telepon atau nomor HP, dan kolom masih kosong juga diisi sesusai petunjuk, luli kik tombol 'Selanjutnya'.
  10. Setelah Anda akan dibawa ke halaman verifikasi riwayat sekolah. Periksa kevalidan data yang telah disii. Apabila masih terdapat kesalahan, lakukan perbaikan melalui sekolah dimana Anda belajar atau menghubungi operator sekolah. Jika data sudah valid, pilih tombol 'Perbarui Data'.
  11. Klik tombol 'Selanjutnya' untuk mengupload pas foto Anda, kemudian sessuaikan pas foto Anda sesuai ketentuan.
  12. Kemudin konfirmasi data. Sebelum itu perhatikan dan cek kembali data-data yang telah diisi. Jika tidak kesalahan lagi centang pernyataan dan pilih tombol 'Simpan permanen'.


Perlu Anda ketahuai! Data tidak dapat diubah kembali setelah melakukan penyimpanan permanen.

Registrasi LTMPT untuk sekolah


Apakah Anda seorang operator belum tahu cara registrasi LTMPT untuk sekolah? Disini kami akan berikan panduang alur pendaftaran LTMPT untuk sekolah Anda.


  1. Langkah pertama akses situs portal.ltmpt.ac.id kemudin pilih menu 'Sekolah'.
  2. Setelah terbuka halaman tersebut Anda perlu memasukkan NPSN dan kode registrasi Dapodik atau EMIS.
  3. Kemudian isi kolom nama kepala sekolah (Kepsek) atau operator sekolah, tanggal lahir pendaftar, email aktif dan terakhir isi password
  4. Setelah itu klik 'Daftar', maka Anda akan menerima notifikasi aktivasi akun halaman tersebut.
  5. Buka email, lalu cek inbox. Jika tidak email aktivasi di kotak masuk, cek spam email.
  6. Langkah selanjutnya 'Aktivasi akun'.
  7. Setelah akun aktif, lakukan login ke laman portal.ltmpt.ac.id dengan email dan password yang didaftarkan tadi untuk menverifikasi siswa yang mendaftar.
  8. Kemudin pilih menu 'Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa (VERVAL)'.
  9. Pilih selanjutnya untuk berpindah ke menu 'Verifikasi data siswa'.
  10. Periksa data daftar siswa kelas 12 beserta dengan status akun masing-masing siswa. Kemudian pilih tombol 'Selanjutnya'.
  11. Kofirmasi data dan simpan permanen.


Cara mengatahui kode registrasi dapodik/emis


Kode registrasi dapodik atau emis hampir memiliki fungsi yang sama, perbedaannya dapodik berada dibawah Kemdikbud, sementara Emis dibawah naungan Kemenag.

Dapodik atau emis sangat penting bagi sekolah untuk merekomendasikan siswa membuat akun LTMPT dalam mengikuti SBMPTN dan UTBK di PTN.

Apakah Anda operator yang tidak kode registrasi dapodik/emis sekolah dimana tempat Anda bekerja. Jika iya, sebaiknya Anda menghubungi operator kabupaten di kota Anda. Karena kode dapodik atau emis setiap sekolah hanya operator kabupaten yang mengatahui.

Kode registrasi emis biasaya terdiri dari 10 digit kombinasi angka dengan huruf. Sebelum pendaftaran LTMPT ditutup sebaiknya Anda segera menghubugi operator kabupaten demi masa depan anak didik Anda.


Persyaratan pendaftaran SNMPTN terbaru


Bagi yang ingin mengikuti SNMPTN sebaiknya baca dulu syarat dan ketentuan yang berlaku 2020.

Ketentuan Umum


SNMPTN adalah program pemerintah untuk siswa berprestasi, maka syarat untuk mengikuti program tersebut mengacu pada prestasi akademik dengan berpedemon denga rapor siswa dan portofolio akademik.


  • Rapor yang digunakan mulai semester satu hingga semester lima bagi sekolah jenjang SMA/SMK/MA dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester satu sampai semester tujuh bagi siswa SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun.
  • Sekolah harus memiliki NPSN. Jika NPSN tidak terdaftar di kementrian pendidikan, maka siswa tidak dapat mengikuti SNMPTN. Selain itu pihak sekolah harus mengisi data prestasi siswanya di PDSS lengkap dan benar.
  • Karena program ini bagi siswa yang berprestasi, selain siswa wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), siswa yang akan mendaftar harus tercantum rekam jejak prestasinya di PDSS.
  • Siswa yang hendak mendaftar SNMPTN wajib mengatahui informasi terkait ketentuan dari pihak PTN atau kampus yang dipilih tentang syarat penerimaan mahasiswa baru.


Jadwal SNMPTN 2020



  1. Peluncuran Sistem Penerimaan Masiswa Baru (PMB) 2020 dirilis pada 15 November 2019
  2. Registrasi Akun LTMPT dimulai pada tanggal 2 Desember 2019 - 07 Januari 2020.
  3. Jadwal pengisian PDSS 13 Januari - 06 Februari 2020.
  4. Pemeringkatan Siswa oleh pihak Sekolah pada tanggal 13 Januari - 06 Februari 2020.
  5. Pengumuman Siswa Eligible daftar SNMPTN pada tanggal 13 Januari – 06 Februari 2020.
  6. Pendaftaran SNMPTN pada tangg 11 - 25 Februari 2020.
  7. Pengumuman Hasil SNMPTN pada tanggal 04 April 2020.


Semoga lolos seleksi bagi kalian yang mengunjungi website Tinkom balbol yang mengulas tentang Cara registrasi LTMPT, kode registrasi dapodik emis dan jadwal SNMPTN 2020 buat Anda sekalian.

0 Tanggapan "LTMPT 2020+ Cara registrasi LTMPT, kode registrasi dapodik emis dan jadwal SNMPTN (Lengkap)"

0/Post a Comment/Comments

Berkomentarlah dengan bijak dan baik..

Lebih baru Lebih lama