Cara Menggunakan Kuota (paket) Edukasi Ruangguru Bagi Pengguna Telkomsel

Cara menggunakan paket edukasi ruangguru bagi pengguna Telkomsel - Demi mencegah melebarnya virus Covid-19, pemerintah Indonesia dalam hal ini langsung diminta oleh Presiden Joko Widodo agar siswa dan mahasiswa belajar dari rumah secara online. Baik itu menggunakan layanan dari Ruang Guru (Untuk siswa) dan akses langsung ke situs Universitas bagi kalangangan mahasiswa.

Cara menggunakan kuota edukasi ruangguru
Ruangguru dan Telkomsel

Selain itu mantan gubernur DKI ini juga meminta masyarakat bekerja, beribadah dan mengurangi aktifitas diluar rumah demi memutus mata rantai virus corona.

Menanggapi anjuran tersebut, provider Telkomsel, Indosat dan XL bekerja sama dengan layana pembelajar online seperti aplikasi Ruangguru untuk memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar.

Dalam program ini Telkomsel menyediakan kuota gratis bagi pengguna SimPATI, KartuAS, Loop, dan Kartu Halo sebesar 30 GB selama 30 hari untuk mengakses materi pelajaram di aplikasi Ruangguru. Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwasanya kuota internet telkomsel gratis hanya untuk mengakses materi "RuangBelajar" dan "Sekolah Online" di aplikasi Ruangguru.

Apa itu RuangGuru?


Ruangguru adalah sebuah perusahan startup yang fokus pada layanan pendidikan berbasir teknologi yang berasal dari Indonesia. Perusahan dibawah naungan PT Ruang Raya Indonesia ini memiliki lebih dari 13 juta pengguna dan mengelola kurang lebih 300.000 guru yang tersebar di tanah air hingga tahun 2020.

Ruangguru menawarkan layanan kelas online virtual dengan kurikulum seperti di sekolah melalui platform ujian online, video tutorial belajar berlangganan, animasi, marketplace les privat, dan konten-konten pendidikan lainnya lebih dari 100 bidang pelajaran yang dapat diakses melalui Aplikasi Ruangguru dan situs resminya ruangguru.com

Perusahaan yang didirikan oleh Muhammad Imam Usman dan Adamas Belva Syah Devara pada April 2014 ini telah bermitra dengan hampir semua Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah kota se-Indonesia.

Pada Agustus tahun yang sama ( Empat bulan sejak didirikan) sudah lebih dari seribu guru yang terdaftar. Pesatnya perkembangan ruangguru tidak lepas dari latar belakang pendidikan dari pendirinya.

Iman Usman sebagai diantara pencetus merupakan lulusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI), dan kemudian melanjutkan studi pascasarjananya New York, Amerika Serikat, tepatnya di Columbia University.

Sementara Belva Syah merupakan lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapura dengan gelar ganda (double degree) di bidang ilmu komputer dan bisnis. Tidak berhenti disitu saja, Ia juga mendapat gelar The Master's Program in Business Administration. Gelar ini diperoleh di Stanford University dan Administrasi Publik Harvard, Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Aplikasi mobile on-demand yang diluncurkan ruang guru merupakan pembelajaran jarak jauh untuk murid. Dimana para siswa akan dilayani selama 16bjam setiap hari oleh guru online selalu standby.

Cara daftar ruangguru gratis


Setelah Anda tahu tentang ruangguru, maka pada sub judul ini akan di ulas bagaimana cara daftar ruangguru untuk semua pengguna Telkomsel, XL, Indosat dan lainnya tanpa biaya.

Sebenarnya paket kouta 30GB Telkomsel gratis selama 30 hari ini hanya gratis mengakses situs dan aplikasi ruangguru. Sementara untuk mendapatkan materi dan mengikuti proses belajar di ruangguru pada dasarnya Anda tetap harus bayar. Tetapi karena adanya wabah Covid-19, pengelola ruangguru memberikan materi dan belajar secara gratis berlaku sejak tanggal 16 maret 2020.

Perlu juga Anda ketahui bahwasanya program gratis belajar hanya berlaku pada waktu tertentu, yakni mulai pukul 8:00 - 12:00 setiap Senin sampai Jumat. Untuk hari sabtu minggu libur.

Berikut langkah pendaftaran ruangguru ala Om Bawas yang bisa Anda ikuti panduannya


  1. Pastikan Anda sudah pasang "Aplikasi ruangguru", jika belum, silahkan download di Play Store atau App Store untuk pengguna iPhone
  2. Buka aplikasi Ruangguru, pilih ikon "Sekolah Online Ruangguru" pojok kanan bawah atau ditandai lingkaran merah.
  3. Pilih sesi "Sekolah Online Ruangguru" yang sedang berlangsung. Disini akan tertera dua pilihan, pertama "Live" dan yang kedua "Selesai".
  4. Pilih bagian "Tayang Hari Ini" dan tentukan sesuai jenjang kalian.
  5. Jika tak mau repot, Anda juga dapat menggunkan metode sesuai jenjang kelas. Misalnya, SD, SMP, SMA IPA, atau SMA IPS.
  6. Aktifkan "Notifikasi" agar tidak ketinggalan materi pelajaran secara "Live" sebelum kelas dimulai dengan memilih "Lambang lonceng".
  7. Atau jika ketinggalan karena saat berlangsung kegiatan belajar mengajar sedang memilik aktifitas lain, maka Anda dapat menonton materi kapan saja dengan memilih sesi "Selesai".
  8. Cari dan tentukan materi yang ingin dipelajari dengan mengklik "Tonton Ulang".


Dengan adanya fitur Tonton Ulang, maka siswa tidak ada ceritanya ketinggalan mata pelejaran. Karena dapat dikases kapan saja dan dimana saja.

Syarat dan ketentuan Kuota Ruangguru


Bagi Anda pengguna Telkomsel jika bertanya tentang ketentuan dari ruangguru, maka jawabannya adalah syarat belajar gratis yang yang diberlakukan oleh pihak ruangguru.

Syarat gratis dari ruangguru sudah kami jelaskan diatas, bahwa sejak merabaknya virus corona dan anjuran pemerintah untuk belajar dan bekerja dirumah agar pandemi cepat teratasi, maka mulai 16 maret ruagguru gratis diakses oleh siapa saja.

Apabila yang Anda maksud adalah syarat untuk pengguna telkomsel, maka jawabannya yaitu pihak telkomsel memberika internet gratis kuota 30GB selama 30 hari bagi pengguna Simpati, KartuAs, dan sejenisnya untuk mengakses hanya layanan pendidikan seperti ruangguru dan lainnya.

Paket edukasi telkomsel tersebut berlaku sejak pertama kali diaktifkan. Jika misalkan Anda mengaktifkan paket tersebut pada tanggal 20 Maret, maka akan berakhir pada 20 April.

Apa itu Kuota (Paket) edukasi Telkomsel


Masih banyak yang bentanya tentang Kuota edukasi telkomsel dan Kouta edukasi ruangguru. Sebenarnya jika Anda membaca penjelasan saya diatas tentu sudah paham.

Jika anda kurang paham, maka saya jelaskan kembali tentang Paket edukasi telkomsel.

Paket kouta edukasi telkomsel adalah paket data internet 30GB yang diberikan oleh provider telkomsel bagi pelanggan setianya untuk mengakses ruangguru dan layanan pendidikan di situs Universitas di tanah air.

Simak juga artikel kami tentang Cara mengatasi pulsa telkomsel terpotong dengan sendirinya.

Cara mendapatkan Kuota RuangGuru


Lalu bagaimana cara mendapatkan kouta ruangguru agar gratis untuk pelajar, orang tua, dan guru?

Bagi pengguna Telkomsel (prabayar dan pascabayar) untuk dapat mengaktifkan paket data Rp 0 bisa melalui aplikasi My Telkomsel. Langkahnya sebagai berikut:


  1. Buka aplikasi "My Telkomsel", jika belum terpasang, download dulu di "Play Store" untuk android, dan "App Store" untuk smartphone iOs.
  2. Kemudian piliha "Log in".
  3. Lalu masukkan "Nomor telepon Anda", kemudian klik "Continue".
  4. Cek SMS untuk "Verifikasi", biasanya berupa link aktivasi.
  5. Klik "Link" yang terdapat SMS, dan tap aplikasi my telkomsel.
  6. Masukkan "Email aktif dan Password"
  7. Isi "Repaet Password" dengan password yang pertama (disamakan).
  8. Klik "Create email account", kemudian klik "Continue".
  9. Setelah itu "Isi nama".
  10. Kemudian klik "Update profile".
  11. Lagkah selanjutnya pilih "Special Promotion", lalu klik "See All".
  12. Cari list yang bergambar ruangguru, kemudian klik "Detail".
  13. Terakhir klik "Buy" untuk mengaktifkan paket edukasi telkomsel untuk ruangguru.


Selamat paket kuota edukasi ruangguru telah aktif. Gunakan dengan bijak dan jangan merubah paket ruangguru menjadi paket utama atau Flash.

Cara menggunakan Kuota RuangGuru


Setelah Anda mengaktifkan paket edukasi gratis dari telkomsel, maka saatnya menggunakan kouta tersebut untuk mangakses ruangguru.


  1. Buka aplikasi Ruangguru lalu pilih "Sekolah Online Ruangguru"
  2. Pilih sesi "Sedang berlangsung" Live atau materi yang sudah Selesai.
  3. Pilih "Tayang Hari Ini".
  4. Bisa juga Anda menggunkan cara lain dengan memilih jenjang kelas (SD, SMP, SMA IPA, atau SMA IPS).


Selain dapat mengkuti pelajaran yang sedang berlangsung, Anda dapat menonton video materi yang telah selesai. Jadi tidak ada istilahnya ketinggalan pelajaran. Bisa Anda pelajari di malam hari, karena paket Kuota edukasi telkomsel ruangguru bisa digunakan 24 jam.

Sebelumnya saya juga menulis artikel tentang Paket edukasi Indosat bagi pelanggan Indosat Ooredoo. Jadi Anda dapat memilih paket sesuai dengan simcard yanf dipakai.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Kuota (paket) Edukasi Ruangguru Bagi Pengguna Telkomsel"

Posting Komentar