Ads 720 x 90

Cara membatalkan pesanan shopee paling lengkap

Bagaimana cara membatalkan pesanan di shopee?


Cara membatalkan pesanan shopee paling lengkap di Tinkom balbol. Pikiran terkadang berubah-ubah ketika belanja online baik itu di marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain-lain. Sifat manusia memang tidak bisa ditebak, di suatu waktu menginginkan barang 'A', diwaktu lain mengingkan produk 'B'. Bahkan hanya hitungan menit pikiran bisa berubah.
Cara membatalkan pesanan di shopee


Banyak bertanya bagamana cara membatalkan pesanan di Shopee setelah proses pembayaran dilakukan, ada juga pertanyaan saat bincang-bincang dengan temen di warung kopi tentang mengurungkan pembelian di shopee sementara barang sudah dikirim oleh seller.

Dari beberapa permasalahan tersebut, sebenarnya Shopee memberikan fitur pembatalan pesanan dengan syarat dan ketentuan yang sudah diberlakukan oleh pihak Shopee. Siapa saja boleh mengajukan pembatalan pesanan sesudah pembayaran terverifikasi seperti bayar ke alfamart dengan alasan dibawah ini.

Pembeli chat penjual bertanya seperti mengkonfirmasi ketersedian stok barang sementar seller atau penjual tidak membalasanya.

Permintaan pembatalan pesanan dari Penjual itu sendiri karena alasan tertentu, maka pembeli bisa membatalkan dan mencari toko lain mirip seperti belenja di lazada dengan produk serupa atau sejenisnya.

  • Pembeli Ingin mengubah rincian & membuat pesanan baru.
  • Penjual terlalu lama mengirim barang.
  • Pembali menemukan produk yang lebih berkualitas, harga lebih murah dan sebagainya (Berubah pikiran).
  • Pembeli baru sadar jika produk yang diorder memiliki ulasan buruk (Contoh: tidak sesuai diskripsi, Barang tiruan dan lain-lain).
  • Penjual mencurigakan seperti mengajak pembali untuk bertransaksi di luar Shopee, dengan memungkinkan adanya penipuan.


Langkah-langkah untuk mengajukan pembatalan pesanan Shopee


  1. Login dengan memasukkan username dan password
  2. Pertama-pertama kalian buka halaman "Saya" .
  3. Kemudian Klik ‘Dikemas’ dan akan tampil daftar pesanan kalian. 
  4. Pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
  5. Setelah itu Klik 'Batalkan Pesanan' pada halaman Rincian Pesanan di Shopee kalian. 
  6. Pilih alasan pembatalan yang sesuai dengan apa menjadi masalah
  7. Terkahir Klik 'Batalkan Pesanan' (Khusus Pembatalan Instan) atau pilih 'Ajukan Pembatalan Pesanan' (khusus Pembatalan Non-Instan).

Bisakah membatalkan pesanan saat produk telah dikirim?


Pada kasus semacam ini masuk kategori pembatalan non instan, dimana buyer tidak bisa melakulan pembatalan pesanan yang telah dikirim oleh penjual. Kita harus rasional, memang pembeli adalah raja, tapi jika produk sudah ada dipihak ekspedisi tentu dan ingin dibatalkan, tentu sekalipun kalian menjadi penjual akan merasa dirugikan.

Cara membatalkan pesanan yang sedang dikirim shopee, tidak bisa menerima kasus seperti ini. Meski demikian kalian sebagai pembali masih bisa menunggu status barang tersebut. Bisa jadi barang dipesan tidak sampai dengan waktu yang cukup lama, atau barang tidak sesuai diskripsi (produk bukan asli, atau sejenisnya). Kalian bisa mengambil langkah komplain.

Jika sudah melakukan pembayaran apa masih bisa membatalkan pesanan?


Jawabannya masih bisa. Membatalkan pesanan setelah selesai pembayaran shopee baik di transfer, via indomaret, alfamart sekalipun dengan catatan Penjual  belum request pick-up (jemput) atau input no. resi dengan Syarat Pembatalan dilakukan oleh pembeli dalam kurun waktu 1 jam setelah pembayaran tersebut terverifikasi.

Pengguna pada kasus ini harus cek waktu pembayara terlebih dahalu. Apabila masih memungkinkan untuk dibatalkan maka lakukan pembatalan, karena belum sampai 1 jam setelah verifikasi masih termasuk pembatalan Instan.

Jika belum melakukan pembayaran ikuti panduan diatas untuk melakukan pembatalan pesan di aplikasi Shopee kalian.

Jenis pembatalan pesan Shopee


Shopee membagi menjadi 2 sistem pembatalan pesanan, yang pertama Pembatalan Instan dan yang kedua  Pembatalan Non-Instan.

Pembatalan Instan terjadi jika:

  • Sebelum Penjual melakukan input resi, atu barang belum dijemput (request pick-up) dengan catatan Pembatalan dilakukan dalam 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.
  • Contoh Pembatalan Instan: Pembayaran pesanan yang terverifikasi pukul 13.00 dan dibatalkan oleh pembeli pukul 13.30 sebelum Penjual request pick-up (jemput) atau input no. resi. Maka pesanan dibatalkan secara instan ini tidak memerlukan respon dari Seller.

Pembatalan Non-Instan terjadi jika:


Penjual telah request pick-up atau sudah input no. resi dengan catatan pengajuan pembatalan dilakukan melewati dari  waktu yang ditentukan ( lebih dari 1 jam) setelah pembayaran terverifikasi.

Contoh Pembatalan Non-Instan:
Pembayaran pesanan terverifikasi pukul 09.00 dan dibatalkan pk 12.00 atau setelah Penjual request pick-up atau no resi sudah diinput. Maka pesanan akan memerlukan persetujuan dari pihak pemilik toko (penjual).

Catatan membatalkan pesan shopee


Kalian tidak bisa memilih Pembatalan Instan atau Non-Instan karena proses pembatalan akan ditentukan oleh sistem Shopee secara otomatis.

Untuk Pembatalan Non-Instan, Pemilik toko berhak untuk menolak pengajuan pembatalan oleh pembeli jika pesanan tersebut telah/sedang diproses. (Kalian harus sabar dan memahami posisi penjual).

Shopee.co.id

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter