7 Cara Menghapus Akun Shopee Paling Lengkap

Tak bisa dipungkiri, Shopee adalah marketplace paling terpopuler di Indonesia. Boleh dibilang hampir semua orang suka belanja di Shopee karena Shopee memang memberikan kelebihan dan kenyamanan bagi pelanggan. Ecommerce yang berasal dari Singapura ini memang memudahkan siapa saja membuat toko untuk berjualan secara online.
Cara menghapus akun shopee
Akun Shopee

Namun dari sekian banyak penjual di Shopee, masih ada yang ingin menghapus akunnya. Baik karena alasan tidak memiliki modal yang cukup, jualan tidak laku, dan masih banyak faktor lainnya.

Jika Anda termasuk dari mereka, dan tidak tahu cara hapus akun Shopee, maka Anda berada ditempat yang tepat. Karena Saya akan memberikan panduan langkah-langkah menghapus akun Shopee secara permanen dibawah ini.

1 . Login ke Aplikasi Shopee


Pastikan Anda dalam keadaan Log in di Aplikasi Shopee. Karena untuk menonaktifkan akun tentu harus mengakses akun terlebih dulu. Idealnya bagaimana mana mungkin dapat menghapus akun di Shopee kalau tidak dapat masuk? Saya rasa pembaca tentang sudah paham.

Jika lupa Password, Anda perlu melakukan reset kata sandi untuk dapat masuk ke akun milik Anda. Jangan lupa juga download aplikasinya apabila belum terpasang di smartphone Anda.

2. Pilih Pengaturan Akun


Untuk masuk ke menu "Pengaturan", Anda harus pilih menu "Saya" yang berada di pojok kanan bawah aplikasi.

Setelah itu akan muncul beberapa menu sebagai berikut:

  • Shopee Loyalti
  • Favorit Saya
  • Terkahir dilihat
  • Voucher Saya
  • ShopeePay
  • Undang Teman
  • Koin Shopee
  • Penilaian Saya
  • Pengaturan Akun
  • Pusat Bantuan
  • Chat dengan Shopee

Pada menu tersebut Anda pilih "Pegaturan Akun".

3. Ajukan Penghapusan Akun


Langkah ketiga ini Anda perlu memilih "Ajukan penghapusan akun" yang ada di paling bawah.

Ketika menu tersebut Anda klik, nanti akan ada sebuah pesan "Mohon perhatikan bahwa setelah akun Anda akan dihapus dan Anda tidak dapat memulihkan kembali".

Pesan tersebut memberitahu jika akun telah dihapus, pemilik tidak bisa mengaktifkan kembali. Karena penghapusan ini sifatnya "Permanen".

4. Masukkan Kode Verifikasi


Kenapa harus verifikasi? Karena pihak Shopee ingin memastikan bahwa yang ingin menghapus akun Shopee benar-benar Anda, bukan orang lain. Tidak menutup kemungkin ada pihak lain yang berniat jahat pada Akun Anda.

Pada langkah ini Shopee akan mengirimkan sebuah kode verifikasi ke No ponsel yang ditautkan saat Anda melakukan pendaftaran dulu. Jadi pastikan nomor tersebut masih aktif.

Jika nomor sudah tidak digunakan lagi, Anda perlu mengganti nomor HP terlebih dulu. Baru Anda dapat melakukan penghapusan akun.

Cek pesan masuk di ponsel anda, kemudian masukkan kode verifikasi pada kolom yang sudah disediakan.

5. Isi Form Alasan Penghapusan


Pada tahap kelima ini harus isi alasan Anda kenapa ingin menghapus akun Shopee Anda.

Jika Anda bingung bagaimana menyusun kalimat alasan yang tepat dan benar, Tinkom balbol akan memberikan contoh input form alasan yang mudah dan tidak bertele-tele.

Terimakasih telah membarikan kami wadah untuk menjual produk-produk kami. Kami sebagai Seller sangat terbantu dengan ada marketplace Shopee. Namun pada hari ini Saya putuskan untuk menutup akun Shopee Saya dengan beberapa alasan yang tak dapat Saya jelaskan satu persatu.

Alasan utama Saya adalah karena saat ini sudah berhenti jualan online dan fokus pad pekerjaan offline Saya. Oleh sebab itu, dengan hormat Saya meminta akun Saya dinonaktifkan. Terimakasih.

Itu salah satu contoh alasan yang dapat kalian jadikan refrensi. Setelah selesai tahapa ini, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

6. Setujui Syarat dan Ketetuan


Untuk menghapus akun Shopee Anda harus setuju terhadap Syarat & Ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Shopee.

Saran Saya, baca aturan tersebut untuk lebih jelasnya. Karena hal itu berkaitan dengan privasi Anda dan pihak Shopee.


  • Semua akun Shopee yang dihapus secara otomatis koinnya hangus dan tak dapat digunakan.
  • Akun shopee yang sudah dihapus tidak dapat dipulihkan kembali. Jadi pikirkan baik-baik untuk menghapusnya
  • Pesanan harus sudah diselesaikan dan dikirim dengan berstatus "Berhasil".
  • Jika akun sudah terhapus secara otomatis tidak bisa melihat history transaksi toko.
  • Jika ingin membuat akun Shopee lagi dikemudian hari berpotensi ditolak. Dalam artian Anda bisa di Blacklist di database Shopee.


Jika memang ingin langsung hapus akun, beri centang pada bagian kota kecil yang bertuliskan "Setuju dengan Syarat & Ketentuann" untuk melanjutkan langkah tersebut.

7. Kirim Pengajuan


Setelah mengikuti semua langkah-langkah yang telah kami jelaskan diatas, terakhir Anda klik "Kirim Pengajuan" untuk menyelesaikan penghapusan akun di Shopee.

Disini pihak Shopee akan memproses pengajuan yang Anda kirimkan, tunggu dan cek email secara berkala respon dari pihak Shopee.

Itulah panduan singkat tentang cara menghapus akun Shopee secara permanen paling lengkap dan mudah dipahami.

2 Komentar untuk "7 Cara Menghapus Akun Shopee Paling Lengkap"

Wong gilo mengatakan...

Bagaimana cara menghapus akun Shopee saya? - Help Shopee pada 8 Apr 2019. Cara menghapus akun: Log in ke aplikasi Shopee (penghapusan akun tidak tersedia di situs Shopee dan Seller [ Terbukti ] Cara Menghapus Akun Shopee Secara Permanen 6 hari yang lalu. Akun shoppe yang di hapus, maka secara otomatis koin shopee pun ikut terhapus dan hilang. Jika kamu 29 Agu 2019. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang cara hapus akun shopee.

Ois Chanel mengatakan...

Mohok maaf kak.. tolong berkomentar yang relevan dengan materi.. terimakasih atas pengertiannya.

Posting Komentar